25 GURU SE-JATIM MENGIKUTI DIKLAT KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT LANJUT DI LPPM UNY

diklat bpsdm

Sebanyak 25 orang yang terdiri dari guru SMA/SMK/SLB se-Jawa Timur mengikuti kegiatan Diklat Karya Tulis Ilmiah Lanjut Tahun 2020 pada Rabu, 26 Februari 2020 di LPPM UNY. Kegiatan kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Diklat Karya Tulis Ilmiah Lanjut Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Jawa Timur yang sudah dimulai sejak 19 Februari 2020 lalu, kali ini berkerja sama dengan LPPM UNY.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Sosial Kultural BPSDM Provinsi Jawa Timur, Drs. Didiek Dwiyanto, M.M., dalam sambutannya mengatakan Diklat Karya Tulis Ilmiah Tingkat Lanjut Tahun 2020 ini sangat penting untuk membangun proses pembelajaran inovasi dalam bentuk penilaian kinerja guru . Berdasarkan tuntutan sertifikasi setiap guru harus mampu menghasilkan Karya Tulis Ilmiah.

“25 peserta diklat ini merupakan guru-guru terpilih se-Jawa Timur yang sudah mempunyai karya tulis ilmiah, dan sudah masuk “kawah candradimuka” di BPSDM Jatim, kemudian kami mendapatkan rekomendasi agar datang ke UNY untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mendesain laporan penelitian dan mempublikasikan karya tulis ilmiah”, terang Didiek Dwiyanto

Didiek Dwiyanto menambahkan dengan demikian Diklat Karya Tulis Ilmiah Tingkat Lanjut Tahun 2020 akan memberikan kontribusi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan lembar kertas, modul, bahan ajar dan artikel internasional sebagai upaya dalam implementasi pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Sekretaris LPPM UNY, Prof. Dr. Siti Irene Astuti D, M,Si., saat membuka kegiatan diklat ini mengatakan saat ini LPPM UNY memiliki 6 Pusat, salah satunya Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah yang sejak awal tahun ini melakukan program akseleratif untuk mengingkatkan kualitas dan kuantitas publikasi, jurnal dan artikel ilmiah lainnya terindeks internasional.

“Kami berharap sepulang dari UNY peserta bisa memberikan motivasi kepada guru-guru dilingkungan kerja masing-masing, dan membuka mindset yang lebih luas dalam mencari ide-ide dan inovasi dalam penyusunan artikel ilmiah, jurnal, buku ajar dll tidak hanya lingkup sekolah saja”, tandas Siti Irene.

Kegiatan Diklat Karya Tulis Ilmiah Lanjut Tahun 2020 ini menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidangnya, diantaranya Pro. Dr. Siti Irene Astuti, M.Si., mengangkat materi tentang Penulisan Buku Ajar, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed., tentang Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah dan Dr. Samsuri, M.Ag, tentang Penulisan Modul, sedangkan Prof. Dr. Suyanta M.Si dan Endah Retnowati, Ph.D., memberikan pendampingan/coaching clinic penulisan artikel jurnal ilmiah. (ags)

Tags: