BAKTI SOSIAL DIES NATALIS UNY DI SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL

baksos 2022

Berlokasi di Science Techno Park Universitas Negeri Yogyakarta, Dusun Pagergunung 2, Sitimulyo, Piyungan, Bantul pada Rabu (18/5) LPPM UNY dalam rangka Dies Natalis ke-58 UNY melaksanakan bakti social dan juga menggelar festival produk kreatif dan kesenian dari masayarakat Sitimulyo hasil pendampingan PkM LPPM UNY. Menurut Ketua LPPM UNY Prof. Samsul Hadi, dipilihnya Sitimulyo sebagai desa jujugan bakti sosial karena Desa Sitimulyo Piyungan Bantul saat ini telah meraih predikat sebagai Desa Mandiri Budaya, Desa Prima, dan Desa Preuner, sehingga untuk mencapai puncak prestasi harus meraih predikat Desa Wisata. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim LPPM UNY ini meliputi penyelenggaraan bakti sosial, pelatihan ecoprint dan permainan tradisional Prancis, festival produk kreatif serta pelatihan tari Jawa” katanya.
Kegiatan bakti sosial terselenggara atas kerjasama LPPM UNY dengan Ikatan Alumni UNY dan Dharma Wanita Persatuan UNY. Kegiatan baksos berupa pemberian 400 paket sembako, 100 paket Pendidikan (tas dan alat tulis), dan bazar baju pantas pakai. Bazar baju pantas pakai dikoordinasi oleh DWP UNY. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama antara UNY dengan Kalurahan Sitimulyo, Piyungan Bantul yang nantinya dapat dilanjutkan dengan kerjasama-kerjasama dalam berbagai bidang sehingga terjalin hubungan sinergis secara terus menerus.
Rektor UNY Prof. Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa UNY baik orangnya, barangnya atau lembaganya harus berguna bagi lingkungan. “Baksos UNY paling banyak dilakukan di daerah Bantul seperti Imogiri, Dlingo, dan sekarang di STP Piyungan” kata Rektor. Hal ini karena UNY melestarikan program yang telah dirintis rektor sebelumnya. Sumaryanto juga memperhatikan sejumlah tarian yang dilakukan siswa/anak-anak dari Kalurahan Sitimulyo dalam acara ini dan menemukan talenta yang menonjol, oleh karenanya diharapkan kelak para siswa/anak-anak dapat melanjutkan studi di UNY. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul Drs. Didik Warsito, M.M. mewakili Bupati Bantul merasa gembira atas penunjukan Science Techno Park di wilayah Piyungan sebagai wujud kepercayaan UNY pada Kabupaten Bantul. “Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar” katanya. Hal ini merupakan bukti nyata dijalankannya tridharma perguruan tinggi oleh civitas akademika UNY sehingga ilmu yang dipelajari dan dikembangkan akan makin berguna bagi kehidupan. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Bantul menerima dengan tangan terbuka kerjasama dengan perguruan tinggi karena tidak dapat bergerak sendiri dalam pembangunan namun membutuhkan kolaborasi dan sinergitas berbagai pihak sehingga terwujud cita-cita menjadikan masyarakat Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan.
Gelar produk kreatif berupa kegiatan pameran hasil pelatihan eco-print, produk-produk hasil kerajinan tangan dan kuliner yang dipasarkan dalam kegiatan festival tersebut. Pada saat yang bersamaan ditampilkan kesenian-kesenian yang berkembang di Desa Sitimulyo dan kesenian hasil pelatihan oleh dosen dan mahasiswa UNY. Kegiatan pelatihan tari juga dilakukan oleh tim LPPM, yang diikuti oleh 26 anak-anak. Adapun tarian yang dipelajari adalah sendratari “Dolanan ing Pinggir Kali” yang menampilkan tarian anak berasal dari Jawa dan permainan tradisional Prancis yang dilatih oleh Yoakim Valise dari University of Puatie Prancis. Kegiatan-kegiatan tersebut dimaksudkan dapat mendukung program-program yang telah dirintis oleh kalurahan Sitimulyo untuk mencapai desa wisata.
Science Techno Park UNY merupakan salah satu rencana kedepan UNY sebagai PTN Badan Hukum. Diatas tanah seluas 1,2 hektar dan akan dikembangkan menjadi 6 hektar, Science Techno Park UNY direncanakan menjadi pusat kegiatan akademik karena akan didirikan laboratorium, sport center, UNY Farma dan resort. Dalam resort ini direncanakan berdiri joglo untuk berkegiatan, embung, food court serta spa and beauty. Juga tersedia jogging track, masjid dan area parkir. Acara diakhiri dengan kunjungan gelar produk dan pembagian sembako ke warga.

Tags: