COACHING CLINIC SERIES PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH

ccs

Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY menyediakan fasilitasi pendampingan untuk mendorong kualitas dan kuantitas publikasi. Kegiatan ini berupa rangkaian pelatihan dasar dalam menulis dan menyusun artikel ilmiah yang diberi tajuk Coaching Clinic Series (CCS). CCS batch 2 diawali dengan Mendeley Camp pada Senin-Selasa, 24 Agustus 2020 dan 25 Agustus 2020 yang bertempat di The Phoenix Hotel Yogyakarta dengan bimbingan Advisory Mendeley Dewi Kusumaningsih, M.Hum. Antusiasme dosen dalam mengikuti Mendeley Camp pada Batch 2 ini juga sangat tinggi seperti CCS batch 1sebelumnya. Peserta Mendeley Camp sebanyak 28 peserta dari berbagai fakultas di UNY. Pembelajaran Mendeley Camp sangat menarik karena banyak praktik dan proses yang interaktif antara peserta dan pemandu untuk hasil yang optimal.

Mengikuti Mendeley Camp, kegiatan CCS batch 2 berlanjut dari Rabu, 26 Agustus 2020 sampai dengan Senin, 31 Agustus 2020, meliputi: Transforming Project Report into a Journal Paper (Prof. Dr. Is Fatimah), Mastering Academic Writing (Prof. Dr. Is Fatimah), Academic Writing: Sentence Clarity (Markus Budiraharjo,M.Ed.Ed.D.), Avoiding Plagiarism Using Paraphrase (Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro), Picking Journal for Avoiding Predator dan Understanding Author Guidelines and Submission Procedure (Prof. Dr. Mudasir), Topik-topik dalam Series ini dirancang berurutan sesuai dengan kebutuhan penulisan artikel ilmiah agar dapat meningkatkan ketrampilan Dosen UNY dalam menulis dan menyusun artikel dari suatu laporan penelitian sampai dengan cara submit pada jurnal yang sesuai. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan ini, diharapkan para Dosen UNY dapat menulis dengan baik dan benar serta dapat dipublikasikan pada Jurnal internasional bereputasi

Dalam Sambutannya, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., selaku Ketua LPPM UNY, berharap peserta Mendeley kali ini bisa menjadi ‘advisory Mendeley” bagi fakultas atau prodinya. Sehingga peserta harus dengan sungguh-sungguh praktik Mendeley agar terampil dan nantinya dapat menularkan ketrampilannya ke koleganya. Peserta CCS diharapkan dapat menyerap pengetahuan dari pakarnya, dan dapat menularkan serta mengkondisikan budaya tranfer pengetahuan di fakultas atau prodinya sebagai agent of change. Publikasi ilmiah yang dihasilkan dosen akan dijadikan referensi bagi mahasiswa program master atau doktoral. CCS merupakan upaya untuk mempercepat peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi di UNY. Beliau juga memberikan apresiasi terhadap Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah LPPM UNY yang telah bekerja keras dengan dedikasi yang tinggi meningkatkan minat menulis ilmiah dalam rangka meningkatkan publikasi ilmiah di UNY.

CCS batch 2 ditutup dengan acara webinar pada tanggal 1 September 2020. Materi webinar adalah “Teknik penulisan artikel review” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Apt. Abdul Rohman. (hty/ags)

 

 

Tags: