DIKLAT DASAR-DASAR AMDAL ANGKATAN KE-2 TAHUN 2022

lhk

Selama 5 hari pelaksanaan, tanggal 22-26 Agustus 2022 Pusat Budaya, Lingkungan dan Mitigasi LPPM Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Pelatihan/Diklat Dasar-dasar Amdal angkatan yang ke-2. Kegiatan diklat ini bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) Jakarta dengan dilakukan secara sinkronus dan asinkronus dengan jumlah 20 peserta dari berbagai macam latar belakang dan didominasi oleh dosen-dosen UNY.

Laporan Persiapan Penyelenggaraan Penelitian yang disampaikan oleh ibu Dyah Ediningtyas, M.Si, tujuan dari penelitian ini adalah agar peserta memahami dasar-dasar amdal. Peserta berjumlah 20 orang yang berasal dari dosen UNY, Konsultan dan Perusahaan. Pengajar atau Narsumber berasal dari Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta dari Direktorat Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan. Evaluasi peserta dinilai dari 3 aspek yakni kehadiran dengan bobot 5%, sikap dan perilaku bobot 20%, akademik bobot 75%. Pada saatnya nanti dimohon berkenan ibu Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara pada hari ini.

Sambutan Ketua LPPM UNY, Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T menyampaikan puji syukur kita bisa berkumpul melalui bertatap maya. Usaha yang bagus yang dilakukan oleh Pusat Budaya Lingkungan dan Mitigasi yang diketuai oleh ibu Dr. Tien Aminatun dan Sekretarisnya ibu Kun Setyaning Astuti. Diklat Amdal ini merupakan langkah tepat yang dilakukan melalui Diklat ini peserta akan memahami kebijakan, peraturan, lingkup, manfaat dan segala hal terkait amdal. Diklat Amdal ini akan dimulai tanggal 23 Agustus-30 Agustus 2022 yang dilakukan secara daring. Mari kegiatan ini kita awali dengan niat belajar sepanjang hayat.

Selanjutnya acara inti yaitu sambutan atau pengarahan dan dilanjutkan pernyataan dengan resmi oleh Kepala Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Ir. Kusdamayanti menyampaikan puji syukur kita panjatkan bisa berkumpul bersama secara daring. Salah satu tugas kami adalah mewujudkan sumber daya manusia bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berkompeten dan professional salah satunya dengan cara pelatihan atau diklat. Kami mengucapkan terima kasih atas Kerjasama yang dilakukan antara UNY dengan kami. Diharapkan para peserta mampu untuk melakukan penyusunan, penilaian amdal dan diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi sesuai dengan peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 18 tahun 2021 tentang Sertifikasi Kompetensi Amdal Lembaga Penyedia Jasa Penyusunan Amdal dan Uji Kelayakan Lingkungan Hidup. Pelatihan yang akan Bapak ibu ikuti selama 6 hari kedepan, 20 orang peserta berkumpul dan narasumber, mudah-mudahan semua akan menjadi bekal dan semuanya bisa mengikuti dengan tuntas kurikulum yang telah ditetapkan. Demikian barangkali yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ini bukan Kerjasama yang terakhir tapi kita bisa Kembali bersilaturahmi dengan kegiatan yang lain. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pelatih dasar amdal kami nyatakan dibuka.

Tags: