General Check Up dan Aksi Donor Darah dalam Rangka Dies Natalis UNY

donor darah

Rabu, 11 Mei 2022, bertempat di LPPM UNY mengadakan General Check Up dan Donor Darah dalam rangka Dies Natalis UNY yang ke 58. Kegiatan ini dilaksanakan oleh LPPM UNY dan Dharma Wanita Persatuan UNY, serta melibatkan UKM KSR PMI UNY. Dengan sasaran kegiatan adalah Dosen, Tendi dan Mahasiswa. Acara dihadiri oleh Rektor UNY, Wakil Rektor, dan segenap jajaran pimpinan di UNY.

Kegiatan General Check Up ditujukan kepada bapak ibu guru besar, tenaga driver dan tendik usia diatas 53 th dan dosen usia diatas 60 th yang bersubsidi, serta bagi umum (non subsidi). Kegiatan yang menggandeng Laboratorium Parahita Diagnostic Center sebagai salah satu mitra kerja UNY akan diikuti oleh 446. Pemeriksaan Kesehatan meliputi kadar gula darah sewaktu, kadar kolesterol, Kadar HDL dan Trigliserida (subsidi dari UNY) dan kadar HbalC (non subsidi). Dalam sambutannya, ketua DWP UNY Sulastri Sumaryanto mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Rektor UNY karena telah memberi kesempatan kepada DWP UNY untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan kali ini. “Tujuan utama dari pemeriksaan kesehatan ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan pada keluarga besar UNY,” ujar Sulastri. Ia juga menambahkan dengan mengetahui kondisi kesehatan pada diri kita, maka dapat sedini mungkin mencegah dan menghindari datangnya penyakit.

Ketua LPPM UNY, bapak Prof. Samsul Hadi menyampaikan sambutanya kegiatan ini sempat tertunda 2 tahun akibat pandemi dan berharap kegiatan pada hari ini dapat terselenggaran dengan lancar.Kegiatan donor darah di ketuai oleh Prof. Endang bekerja sama dengan UKM KSR PMI UNY dan PMI Kabupaten Sleman. Beliau mengatakan general check up sangat perlu untuk mengetahui kesehatan dari seseorang. Rektor UNY, Profesor Sumaryanto dalam pidato pembukaanya menyambut baik serta merespon positif kegiatan “Pemeriksaan Kesehatan” dan Aksi Donor arah ini karena merupakan bukti bahwa UNY sangat peduli terhadap hal- hal yang bersifat kemanusiaan. Pada kesempatan yang sama Sumaryanto juga mengajak seluruh civitas academica UNY yang merasa sehat untuk ikut serta menyumbangkan darahnya pada kegiatan donor darah kali ini.

Hingga akhir acara, total peserta yang melakukan pemeriksaan kesehatan berjumlah sekitar 200 orang dan jumlah pendonor darah 49 orang. (Heri-LPPM)

Tags: