IKUT SERTA MERIAHKAN DIES NATALIS KE-57, LPPM UNY ADAKAN “LPPM AWARD”

lppm award

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat  Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY) pada hari kamis (29/4) menyelenggarkan acara yaitu “ LPPM Award dan Workshop Peningkatan Hasil Penelitian dan PPM Menuju SNI.”Acara yang diselnggarakan guna ikut memeriahkan Dies Natalis UNY ke-57 dihadiri juga oleh Rektor UNY yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik yaitu Prof. Dr. Margana, M.A., M.Hum., juga dihadiri oleh para Dekan Fakultas dan para Ketua Lembaga termasuk ketua LPPM, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO., serta Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), yaitu Drs. Kukuh S. Achmad,M.Sc., beserta jajaranya, serta perwakilan dari Bank Tabungan Negara (BTN).

Profesor Siswantoyo sebagai Ketua LPPM sangat bahagia dan mengapresiasi atas kehadiran dari kepala BSN, nantinya dengan pemberian sertifikat lisensi dari SNI ( Standar Nasional Indonesia) diharapkan akan lebih meningkatkan kinerja kelembagaan khusunya para dosen untuk lebih meningkatkan kualitas hasil penelitian dan produk inovasinya agar bisa meraih sertifikat SNI dan hasil produknya bisa segera dipakai dan dinikmati oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Profesor Margana mengucapkan terima kasih atas ide kreatif Ketua LPPM beserta team work atas terselenggaranya acara ini dan berharap dapat memotivasi para dosen di UNY untuk dapat lebih giat melakukan kegiatan di luar Kampus seperti PPM ( Pengabdian Pada Masyarakat) dan tentunya juga giat melakukan penelitian.

“ Hasil- hasil penelitian yang sudah ada dapat segera dilakukan hilirisasi dan nantinya setelah mendapat sertifikat SNI, hasilnya bisa segera dinikmati masyarakat, “ ujar Margana.

Untuk acara LPPM award kali ini ada beberapa kategori yang dilombakan yaitu Kategori Kekayaan Intelektual (KI), Kategori Penelitian Kompetitif, Kategori Publikasi Artikel Terindeks Scopus, dan Kategori Hilirisasi Produk Penelitian.

Fakultas Teknik (FT) berhasil menjadi Juara I untuk Kategori Kekayaan Intelektual diikuti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai juara II dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebagai Juara III. Untuk Kategori Penelitian Kompetitif Juara I diraih oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) lalu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebagai juara II dan Fakultas Teknik (FT) juara III. Kategori Publikasi Artikel Terindeks Scopus juara 1 diraih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), juara II Fakultas Teknik (FT), dan juara III diraih oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Kategori ketiga yaitu Publikasi Artikel Terindeks Scopus juara 1 dimenangkan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) lalu juara II oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan juara ketiga diraih oleh Fakultas Teknik (FT). Terakhir, Kategori Hilirisasi Produk Penelitian, Juara 1 diraih Prof. Siswantoyo, M.Kes., AIFO dengan produknya  yaitu Smart WBR dan Smart Balance 515, juara II diraih oleh Dr. Kun Sri Budiasih, M.Si., dengan produk batik ecoprint, dan juara III diraih oleh Dra.Yuli Sectio Rini, M.Hum., dengan produknya inovasi wayang orang.

Para Juara dan perwakilan dari fakultas selain mendapat sertifikat juga mendapatkan uang pembinaan dan cindramata dari Bank BTN. (Khairani Faizah)

Tags: