MANUSCRIPT COACHING CLINIC CAMP (MCC) SKEMA RESEARCH GROUP BATCH 2

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY), selalu berupaya mengoptimalkan capaian luaran penelitian. Salah satu luaran penelitian adalah publikasi ilmiah di jurnal yeng bereputasi. Untuk mendorong capaian luaran penelitian Research Group (RG), maka Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) LPPM UNY menyelenggarakn MCC Camp RG Batch 2 yang berlangsung dari tanggal 19 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 22 Oktober 2020 bertempat di Gedung LPPM UNY.

Dalam pengantar MCC Camp Batch 2, Ketua PPBI LPPM UNY, Endah Retnowati, Ph.D. melaporkan bahwa ada 34 draft artikel dan melibatkan 16 Pendamping/Reviewer. Pelaksanaan MMC Camp RG Batch 2 tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi. Sebanyak 34 draft artikel sudah di review oleh reviewer/pendamping secara daring sebelum acara Camp dilaksanakan. Oleh karena itu, diharapkan setelah selesai Camp, artikel sudah bisa submit ke jurnal yang dituju, dengan mendapat masukan dan saran saran dari reviewer. “ Mohon arahan dan motivasi dari Bapak Ketua LPPM kepada peserta MCC RG Camp batch 2 “; begitu pungkas Endah Retnowati, Ph.D. Dalam akhir MCC Camp, artikel yang telah dapat disubmit ke jurnal sebanyak 14 buah, sisanya diharapkan sudah dapat submit pada akhir bulan Oktober 2020.

Prof Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO selaku Ketua LPPM UNY dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang tinggi kepada PPBI LPPM UNY yang digawangi Endah Retnowati dan Prof Dr. Sri Handayani yang telah bekerja secara berkelanjutan memfasilitasi untuk mempublikasikan karya ilmiah ke jurnal. Upaya fasilitasi ini merupakan komitmen peneliti dalam menyelesaikan luaran. Dalam MCC Camp ini, perlu saling memotivasi, semoga semua dalam lindungan Allah SWT sehingga diberi nikmat sehat dan mampu menyelesaikan target MCC Camp. MCC Camp merupakan wadah untuk meningkatkan jumlah luaran publikasi ilmiah. Oleh karena itu, MCC Camp dapat memotivasi menulis ilmiah bagi diri sendiri dan peserta yang lain, membudayakan kerja keras, kerja cerdas dan bahagia. LPPM akan berkomitmen output penelitiian menjadi luaran penelitian, yang mempunyai manfaat bagi masyarakat secara luas. Saat ini, LPPM telah menyediakan ruang yang bisa digunakan oleh para dosen UNY yang ingin menyelesaikan publikasi ilmiah atau membudayakan menulis ilmiah. Ruangan ini bisa digunakan untuk menulis secara individu yang dirancang senyaman mungkin. “ Semoga sukses buat dosen, lembaga dan universitas. Barokah semuanya”, tandas Prof Dr. Siswantoyo,M.Kes. AIFO. (han/har)

Tags: