Mengembangkan Sistem Pengujian Hasil Belajar yang lebih Efektif dan Efisien

Sistem pengujian yang digunakan di sekolah masih bersifat konvensional, yaitu dengan menggunakan kertas dan pensil. Sistem memiliki beberapa kelemahan, diantaranya  adalah soal yang disajikan tidak memperhatikan kemampuan peserta didik. Semua peserta didik menjawab butir soal yang sama dengan jumlah butir soal yang sama untuk semua. Untuk mengatasi hal tersebut akan dikembangkan sistem ujian hasil belajar berbantuan komputer. Pengujian berbantuan komputer yang dikembangkan adalah Computerized Adaptive Testing (CAT) dengan menggunakan logika fuzzy, yaitu penggunaan prinsip artificial intelligence. Pada prinsipnya CAT akan menyajikan suatu butir tes dengan tingkat kesulitan tertentu yang akan diambil dari bank soal.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan sistem pengujian hasil belajar yang lebih efektif dan efisien. Untuk mendukung pengembangan sistem ujian, pertama dikembangkan bank soal. Selanjutnya dikembangkan program komputer dengan menggunakan logika fuzzy. Penggunaan logika fuzzy yang merupakan bagian dari AI saat ini berkembang pesat. Program komputer yang dikembangkan adalah untuk menentukan butir awal soal yang disajikan, yang dipilih secara acak dengan berbagai tingkat kesulitan. Selanjutnya dikembangkan sistem penskoran untuk menentukan kemampuan peserta didik.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tersedianya bank soal dan seperangkat program komputer yang digunakan untuk melaksanakan tes atau ujian hasil belajar. Demikianlah paparan dari  Prof. H. Djemari Mardapi Ph.D. dengan judul penelitian “Pengembangan Sistem Pengujian Hasil Belajar Berbantuan Komputer” dalam kegiatan Seminar Paparan Proposal Penelitian, yang dibuka oleh Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Anik Ghufron di Gedung LPPM lantai 2, pada hari Jumat tanggal 8  Juni 2012.

Tags: