MONITORING KKN KEPENDIDIKAN DAN KKN POSDAYA UNY DI KULON PROGO

Sabtu (24/8), UNY menyelenggarakan kegiatan Monitoring KKN Kependidikan tahun 2013 di SMK N 2 Pengasih dan Kelurahan Giripeni Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Pada kesempatan ini ikut serta dalam kunjungan monitoring Rektor UNY berserta jajarannya dengan didampingi oleh Tim KKN UNY.

Kunjungan pertama di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo, Rektor dan Rombongan disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMK N 2 Pengasih. Acara di SMK N 2 Pengasih bertakjub “Supervisi KKN-PPL UNY 2013”.

Program KKN Kependidikan ini sangat membantu sekolah dalam menyelesaikan masalah-malasah di lingkungan sekolah, memberikan inovasi pembelajaran baru kepada guru dan para murid, tentunya imbal baliknya mahasiswa juga mendapat pengalaman baru dalam hidupnya, demikian yang disampaikan Kepala Sekolah SMK N 2 Pengasih, Drs. H. Rahmad Basuki, SH., MT.

Ada 34 mahasiswa UNY yang melaksanakan program KKN Kependidikan di SMK N 2 Pengasih yang semuanya berasal dari Fakultas Teknik. Selama 1,5 bulan terjun di sekolah dan di masyarakat KKN Kependidikan UNY telah berhasil melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya menyelenggarakan Seminar Karya Tulis untuk Guru, membantu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Pesantren Kilat, Seminar Kegiatan Reproduksi, Pembuatan Database Perpustakaan, dll. Sedangkan kegiatan yang di masyarakat bertempat di dusun Gunung Gondang Pengasih berhasil melaksanakan kegiatan diantaranya pengecoran jalan masjid, kegiatan Ramadhan, Plangisasi dan tamanisasi di lingkungan dusun Gunung Gondang, demikian laporan ketua kelompok KKN-PPL, Panji Winarno seorang mahasiswa jurusan Teknis Mesin FT UNY.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Dra. Sri Mulatsih D.R,M.Pd, mengatakan, ‘’Kami sangat senang dengan program KKN Kependidikan dari UNY ini, di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Kulon Progo sangat terbantu dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan di wilayah Kulon Progo. Mahasiswa KKN juga membantu dalam kegiatan kedinasan seperti Sosialisasi Kurikulum 2013, kami berharap tahun depan UNY mengirimkan lebih banyak lagi KKN-nya di Kulon Progo”, tuturnya.

Rektor UNY Prof. Dr. Rohmat Wahab, MPd, MA, menyampaikan dalam sambutannya KKN merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Disamping pengabdian kepada masyarakat KKN juga sebagai media belajar mahasiswa dengan masyarakat atau sebaliknya.

Rohmat Wahab menambahkan, “harapan saya mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori di kampus, namun harus terjun ke real situation. Dibandingkan 3 tahun program teori dan praktek di kampus kegiatan KKN yang hanya 2-3 bulan berdampak lebih dalam membangun karakter seorang mahasiswa.”, tegasnya.

Diakhir acara secara simbolis Rektor UNY memberikan kenang-kenangan kepada Kepala Sekolah SMK N 2 Pengasih, dan Mahasiswa UNY memberikan hasil karya “Donat Ubi” kepada Rektor UNY.

Selanjutnya rombongan bertolak ke pusat pembuatan Pupuk Kompos di Desa Giripeni yang di bina oleh mahasiswa KKN Posdaya UNY, dalam kesempatan ini Rektor UNY meninjau langsung lokasi Rumah Kompos Green GAPOKTAN. Rektor UNY menyempatkan berbincang dengan para petani tentang proses pembuatan pupuk kompos yang mana alat produksinya dibuat oleh Dosen FT UNY.

Kemudian Rombongan menghadiri Gelar Pruduk dan Pameran hasil karya dari mahasiswa KKN Posdaya di lapangan Giripeni Wates Kulon Progo. Rombongan disambut dengan kesenian wayang kulit sebagai dalangnya seorang mahasiswa FBS UNY. Rektor UNY menyempatkan melihat hasil karya mahasiswa KKN Posdaya, dalam kesempatan ini Rektor UNY memborong habis keripik tempe produksi salah satu Kelompok KKN Posdaya kemudian dibagikan kepada anak-anak sekolah yang turut meramaikan acara tersebut.

Camat Wates Dra. Sri Utami, M.Hum., mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNY karena KKN yang diterjunkan ke daerahnya sangat membantu masyarakat dalam berbagai hal, memberi modal ketrampilan kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi di daerah lokasi KKN, khususnya Kecamatan Wates.

Selanjutnya sambutan Bupati Kulon Progo yang dalam kesempatan ini diwakilkan oleh ASEK II, Drs. Triyono, M.Si. Dalam sambutanya Bupati Kulon Progo menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sangat mendukung program KKN dari UNY, alasannya karena UNY salah satu Perguruan Tinggi yang ikut dalam pembangunan di wilayah Kulon Progo. Mahasiswa dituntut untuk bisa berkolaborasi dengan masyarakat untuk mengembangkan dan meneliti potensi SDA dan SDM yang belum dikelola secara maksimal, untuk meningkatkan kualitas masyarakat di Kulon Progo.

Dalam kesempatan ini Rektor UNY menyampaikan pesannya bahwa kampus itu punya kewajiban mendidik warga Negara, memberikan ilmu pendidikan agar hidup seperti menara air yang bisa menyiratkan manfaat di kanan-kirinya. UNY banyak memberikan sumbangsih Pendidikan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kulon Progo dengan dibangunnya Kampus Wates.

Rektor UNY menambahkan, “Pendidikan menjadi cakupan dari program KKN, menjadikan masyarakat belajar, dimana terjadi proses belajar antara mahasiswa dengan masyarakat. Program KKN memiliki keunikan tersendiri yang bisa dirasakan oleh mahasiswa, masyarakat, dan Tim KKN yang bertahun-tahun tanpa bosan melayani dan membimbing mahasiswanya”, tegasnya.