PUSAT BUDAYA, LINGKUNGAN dan MITIGASI LPPM UNY MENGADAKAN PELATIHAN BERSAMA WARGA KALURAHAN BUGEL, KULONPROGO

berita bugel

Pusat Budaya, Lingkungan dan Mitigasi yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta, mengadakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Produk Fashion dan Produk Makanan Olahan dari Gulma Sawah di Kalurahan Bugel, Panjatan, Kulonprogo pada hari Kamis, 18 Agustus 2022.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 – 15.00 WIB bertempat di Balai Kaluruhan Bugel dengan total peserta 26 orang yang dibagi menjadi empat kelompok dalam prakteknya, yakni mengolah sampah plastik yang didampingi oleh ibu Fahriah sebagai narasumber agar sampah plastik tersebut bisa diolah menjadi produk fashion. Pada pengolahan makanan didampingi narasumber Dr. Fitri Rahmawati, M.P dalam pembuatan nugget, keripik dan rolade dari bahan-bahan sederhana yang biasa ditemukan di sawah sebagai gulma.

Pada kesempatan ini, Dr. Tien Aminatun, M,Si selaku Ketua Pusat Budaya, Lingkungan dan Mitigasi membuka kegiatan dengan didampingi oleh Sekretaris Pusat, Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd sekaligus disaksikan oleh Bapak Sunardi yang menjabat sebagai Lurah Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo. Para peserta sangat antusias dan menyatakan puas dengan kegiatan pelatihan ini. Semoga kerja sama antara LPPM UNY dan Kalurahan Bugel semakin erat dan bisa terus berlanjut dengan materi yang berbeda-beda sehingga masyarakat Bugel dapat terus kreatif dan inovatif.