STUDENT EXPO : GELAR PRODUK DAN KOMPETISI STUDENT COMPANY UNY

WR 1 didampingi Sekretaris LPPM meninjau stand peserta

Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPK) LPPM UNY memiliki program mengembangkan dan menanamkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan lingkungan kampus. Hal ini terwujud dalam kegiatan yang bertakjub Student Expo : Gelar Produk dan Kompetisi Student Company UNY dengan mengambil tema Berwirausaha: “Sukses Mandiri dan Kaya Selagi Muda” pada Senin, 20 Januari 2014, di Gedung LPPM. Acara yang diikuti 43 stand kelompok mahasiswa dari FE, FT, FIS, FBS, dan FIP sukses manarik sekitar 300-an pengunjung mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas di UNY.

Ketua Panitia, Tejo Nurseto, M.Pd., menuturkan bahwa acara Student Expo ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh PPK LPPM UNY guna memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang kewirausahaan. Kompetisi ini dibagi menjadi 3 kategori, kategori stand mandiri, kategori stand mendapat pinjaman sebesar 2 juta dan kategori spontanitas. Selain itu acara ini dimeriahkan Fashion Show busana adat jawa ’Manten Sarimbit’ dari mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Busana FT.

Ketua LPPM, Prof. Dr Anik Ghufron, dalam sambutannya mengatakan Gelar Produk ini diselenggarakan untuk memenuhi mata kuliah kewirausahaan, setelah mahasiswa mendapatkan teori di kelas disinilah mereka bisa mempraktikan teori tersebut dengan harapan setelah lulus nantinya mahasiswa mempunyai modal untuk berwirausaha mandiri dan berprestasi. Anik Ghufron menambahkan, “tidak sedikit Student Company (SC) yang berprestasi di luar sana, seperti tahun lalu SC binaan PPK LPPM UNY berprestasi ditingkat internasional”, tambahnya.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor I, Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D., yang menyampaikan pesan bahwa, “kewirausahaan atau entrepreneurship tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan jual-beli/dagang, disisi lain adalah berani mengambil resiko atau mengambil kesempatan yang belum diambil orang lain, begitu ada peluang dan kesempatan segera diambil”, pesannya.

Setelah melalui penilaian dewan juri, Stand Crispin dari Jurusan PIPS FIP mendapatkan skor tertinggi dan dinobatkan sebagai juara I kategori Stand Mandiri (tidak mendapat pinjaman), Stand Widyadari dari Teknik Rias FT juara I kategori Stand yang mendapat pinjaman dan Stand Suka-suka Boga dari Jurusan Teknik Boga FT juara I kategori spontanitas. (ags)

Tags: