WEBINAR JURNAL UNY MENUJU GLOBAL

webinar

Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) adalah satu dari enam pusat yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sampai dengan tahun 2020, UNY memiliki 86 jurnal yang tersebar di 7 fakultas, 2 Lembaga, dan Pascasarjana, di mana sampai bulan Januari 2020 ini, 51 di antaranya telah terindeks Sinta (Science and Technology Index). Sebagai upaya mewujudkan visi UNY menjadi World Class University, Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah mempunyai peran yang vital dalam mendorong Jurnal UNY agar meningkat kualitas pengelolaannya dengan terget Terindeks SCOPUS dan Web of Science (WoS).

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal UNY, perlu ditentukan tahapan dan strategi pengelolaan Jurnal UNY menuju terindeks SCOPUS dan WoS. PPBI LPPM UNY telah menyelenggarakan “Webinar Pendampingan Jurnal UNY menuju Terindeks SCOPUS dan Web of Science (WoS)” pada Jum’at 26 Juni 2020; dengan menghadirkan Prof. Dr. Suyanta, M.Si. (Ketua LPPM UNY) dan Dr. Lukman (Kepala Subdirektorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah Deputi Pengembangan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek). Peserta Webinar kali ini adalah Ketua Redaktur dan Admin Jurnal UNY yang telah masuk dalam SINTA dan pengelola Jurnal di lingkungan UNY lain baik dari Dosen maupun Tenaga Kependidikan. Ketua LPPM berharap bahwa Webinar ini dapat menjadi langkah taktis sebagai refleksi jurnal UNY dalam peran yang signifikan menuju World Class University (WCU). Dr. Lukman selaku nara sumber utama banyak memberikan saran dan masukan tentang langkah-langkah pengelolaan Jurnal UNY menuju terindeks SCOPUS dan WoS kepada peserta Webinar.

Ketua PPBI LPPM UNY, Dr. Endah Retnowati dalam penutupnya menyimpulkan bahwa benang merah menuju kualitas Jurnal UNY yang bertaraf internasional, ada empat komponen utama, yaitu:[1] penulis dari berbagai negara, [2] dewan redaksi terdiri atas editor dan reviewer dari berbagai negara, [3] website jurnal lengkap, tepat terbit, dan memiliki tampilan menarik, serta [4] kualitas isi artikel ditinjau dari novelty (originalitas), teknis layout, gaya selingkung, dan referensi dari jurnal-jurnal internasional”. (han/hty/ags)

Tags: