WEBINAR PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MELALUI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA MILENIAL

webinar

Di tengah hingar bingar diskusi dan seminar tentang Rancangan Undang-Undang tentang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter LPPM UNY menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional dengan Tema “Penguatan Pendidikan Pancasila dan Karakter Bangsa” sebagai upaya optimalisasi pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi peserta didik khususnya dan generasi muda umumnya. Nilai-nilai dasar Pancasila menjadi sumber dari penguatan karakter bangsa Indonesia. Kegiatan Webinar Nasional ini diselenggarakan melalui platform Zoom dan live streaming di Youtube UNY Official, diikuti sebanyak 1600 peserta, pada Kamis, 16 Juli 2020.

Mengawali acara webinar, Ketua LPPM UNY Prof. Dr Siswantoyo, M.Kes., AIFO menyampaikan sambutan selamat datang kepada para peserta webinar dan menegaskan mengenai pentingnya penyelenggaraan kegiatan Webinar dengan Tema “Penguatan Pendidikan Pancasila dan Karakter Bangsa” ini.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. Sebagai pembicara kunci (keynote speaker), menyampaikan bahwa penguatan pendidikan Pancasila dapat diinternalisasikan melalui berbagai aktivitas di tengah-tengah masyarakat. Praktik-praktik di tengah masyarakat merupakan bentuk-bentuk penguatan karakter bangsa yang bersumber dari falsafah bangsa Indonesia, Pancasila.

Acara inti webinar berupa diskusi panel yang menghadirkan lima narasumber yang sangat kompeten sesuai dengan tema. Diskusi ini dipandu oleh Halili, M.A., dosen Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Fakultas Ilmu Sosial UNY yang juga sebagai Direktur Riset SETARA Institute Jakarta yang hingga saat ini masih sedang menyelesaikan studi S3 di Universitas Indonesia Depok.

Pembicara pertama yaitu Prof. Suyanto, Ph.D. Beliau adalah Dirjen Manajemen Dikdasmen Kemendiknas Tahun 2005-2010, Ketua Majelis Guru Besar UNY, dan Anggota Badan Standar Nasional. Dalam kesempatan ini menyampaikan materi dengan judul Pendidikan Karakter Bangsa dan Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Abad 21. Pembicara kedua adalah Yudi Latif, Ph.D., salah satu dosen di Jurusan PKn dan Hukum, FIS, UNY, Ketua UKP-PIP, dan Ketua BPIP Republik Indonesia 2017-2018, menyampaikan materi dengan judul “Pendidikan Pancasila dan Pengamalannya di Era Milenial. Pembicara ketiga yaitu Hartiningsih, M.Pd. salah satu guru PPKn dan Waka Humas di MAN 1 Yogyakarta, menyampaikan materi dengan judul “Praksis Pendidikan Pancasila dan Karakter Bangsa di Kalangan Generasi Milenial. Pembicara berikutnya adalah Dr. Marzuki, M.Ag. dosen PKn dan Hukum FIS UNY dan Ketua Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter LPPM UNY, menyampaikan materi dengan judul “Penguatan Pendidikan Karakter di Era Milenial”. Pembicara terakhir Dr. Samsuri, M.Ag. dosen PKn dan Hukum FIS UNY dan Sekretaris Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter LPPM UNY meyampaikan materi “Paradigma Pendidikan Pancasila dan Karakter Bangsa Abad 21.(mar/ags)

Tags: