WORKSHOP PEMBUATAN VIDEO KLIP DOSEN, TENDIK DAN MAHASISWA UNY

berita

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki visi ”Menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025”. Salah satu upaya untuk mewujudkan visi UNY yaitu melalui kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas kemampuan dosen, tendik, dan mahasiswa dalam membuat publikasi dan promosi.
Covid 2019 telah mempercepat kemajuan komunikasi IT.  Larangan untuk saling bertatap muka memberikan dorongan untuk mengembangkan teknologi berkomunikasi secara on line.  Demikian juga dalam mengembangkan bisnis.  Youtube merupakan salah satu platform yang diminati untuk mempublikasikan bisnis demikian juga karya seni.  Dalam mempublikasikan konten di youtube diperlukan video-video yang berkualitas.  Namun sayang sekali pemahaman tentang pembuatan video klip yang berkualitas belum banyak dikuasai oleh masyakarat, untuk itu maka Pusat Studi Budaya, Lingkungan, dan Mitigasi LPPM Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan workshop dan pelatihan pembuatan video klip. Workshop dan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2022, bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai.2 LPPM UNY, dengan peserta dari perwakilan Humas dan dosen dari fakultas, Lembaga, PPs dan mahasiswa sebanyak kurang lebih 80 orang. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua LPPM UNY, Bapak Prof. Dr. Samsul Hadi., M.Pd., M.T. , dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia, nara sumber, dan peserta yang telah hadir mengikuti acara ini. Beliau berharap semoga dengan pelatihan ini dapat menambah wawasan untuk pembuatan video klip guna menunjang promosi dan publikasi di UNY.
Nara sumber pada pelatihan kali ini menghadirkan pakar video klip yaitu Anarbuka Kukuh Prabawa, S.Sn., M.Pd.,  Danis Adyatma  dari Danis Adyatma Studio, Riski Arif Kurniawan, A.Md. (Direktur Ruang Media Indonesia) dan Arya Yudistira, S.Pd. dari Arya Music Production.  Dalam pemaparan mereka memaparkan produk Video klip  terdiri dari beberapa komponen, yaitu komponen gambar dan audio.  Dengan demikian terdapat konten yang berisi audio dan konten berisi gambar yang merupakan visualisasi dari konten Audio. Dalam pembuatan video klip berupa lagu melalui beberapa proses, yaitu proses menentukan lagu, menentukan talent,  pembuatan iringan, proses rekaman baik iringan maupun vocal, dan proses rekaman gambar, dilanjutkan dengan editing dan mixing. Sebuah video yang sudah jadi belum adalah manfaatnya bila belum dipublikasikan.  Salah satu platform publikasi adalah youtube.  Ada beberapa persoalan dalam proses pengunggahan youtube, bila konten kita mengandung konten yang telah diklaim pihak lain, maka konten yang kita publikasikan secara otomatis akan menjadi milik pihak yang sudah mengklaim terlebih dahulu walaupun konten audio yang kita buat mungkin hanya memiliki persamaan beberapa detik, namun secara otomatis akan terklaim ke pihak lain.   Untuk itu perlu syarat-syarat khusus sebelum konten-konten tersebut kita unggah. Pelatihan selesai pada pukul 16.00, dengan diakhiri foto Bersama. (Heri/LPPM)
 

Tags: