Workshop Pendampingan Penyusunan Proposal Matching Fund UNY Tahap 2 Di Ruang Sidang Utama DRPM UNY ,Jumat, 13 Januari 2023

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Negeri Yogyakarta, pada hari Jum’at, 13 Januari 2023 mengadakan Workshop Pendampingan Penyusunan Proposal Matching Fund UNY 2023 dengan mengundang 43 guru besar perwakilan setiap Fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Utama lantai 2 DRPM UNY dengan diawali registrasi panitia dan peserta kemudian dilanjutkan pembukaan serta sambutan oleh Direktur Riset dan PPM UNY serta dibuka oleh bapak Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha.

                Sambutan diawali oleh bapak Direktur Riset dan PPM UNY, Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. Beliau menyampaikan Kegiatan ini mengundang narasumber dari PTNBH, yang memiliki pengalaman yang relatif banyak dalam pendanaan MF. Diundang semua GB, diharapkan dapat menyusun proposal awal. Peluang MF bisa melalui Skema A dan Skema B. Target awal 50, mempertimbangkan masukan dari narasumber ditargetkan 100 proposal.”

            Sambutan dilanjutkan oleh Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha, sekaligus membuka acara pada hari ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Ada beberapa hal yang akan disampaikan, perubahan menjadi PTNBH, mengalami yang luar biasa. PTNBH harus menapakkan menjadi research university, entrepreneurial university, reference university. Diharapkan dosen yang melakukan riset. Minimal 120 proposal , karena UNY memiliki 1214 dosen; dengan GB 11%. Mohon strategi dalam menyusun MF. Kolaborasi hexahelix: pemerintah, masyarakat, sekolah, media, industri, Satu minggu untuk menghasilkan 4 lembar. Tgl 26 Januari 2023, sudah selesai. Kita akan membuat open house membantu penyusunan proposal awal” .

                Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh ke-2 Narasumber bapak Drs. Sukirjo, M.Pd (Direktur Perencanaan dan Keuangan UNY)  Beliau menyampaikan bahwa Skema dengan status PTNBH adalah kontraktual. Dana pendamping dari PT diperuntukkan untuk kegiatan yang tidak bisa didanai dari dana MF; termasuk manajemen. Dan Direktorat siap dalam membantu dan review RAB yang disusun dan bapak Sang Kompiang Wirawan, Ph.D (Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM) dengan didampingi bapak Muslikhin, Ph.D. selaku moderator. (cerry-herri)

Tags: