WORKSHOP TATA KELOLA PUSAT-PUSAT LPPM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

berita

Dalam rangka meningkatkan kinerja Pusat-Pusat, LPPM UNY mengadakan Workshop Tata Kelola Pusat-Pusat LPPM UNY di Ruang Zahra 3 di Grand Dafam Rohan, pada hari Jum’at, 26 November 2021, pukul 08.00-11.45 WIB. Kegiatan ini mengundang semua anggota Rapim (Bapak Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, SPI, BPPU, Kepala Biro) di Universitas Negeri Yogakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd, MT. Dalam sambutannya beliau menyampikan bahwa kondisi saat ini pusat-pusat berjalan kurang efektif, ke depan dibutuhkan kinerja pusat-pusat dalam mendukung PTNBH dengan link dan sinergis dengan Prodi-Prodi di Fakultas.

Pada kesempatan ini pula Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.A.,M.Hum., menyampaikan kolaborasi antar pusat dan lintas bidang harus menjadi paradigma kita dalam mengembangkan UNY menjadi PTNBH salah satu caranya perlu dibangun kultur coorvorate generating, bisa mengoptimalkan potensi yang ada dan membawa ikonisasi UNY. Selanjutnya usulan nama-nama pusat, kapus, sekpus, terakhir 15 Desember 2021, dengan konsekuensi, harus sejalan dengan kebijakan pimpinan.

 

Paparan bapak Rektor Bidang Kemahasiswaan, perlu formulasi evaluasi Pusat-Pusat LPPM UNY sebagai suporting sistem bagi IKU, terutama jurnal, riset-riset, baik di level nasional maupun internasional. Pengelolaan dan evaluasi pelaksanaan riset di level nasional maupun internasional perlu adanya singkronisasi terutama dalam hal monitoring dan evaluasi, untuk menjaga kualitas dan kuantitas riset-riset UNY dimasa yang akan datang.

Selanjutnya bapak Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama menyampaikan saat ini Pusat-Pusat LPPM UNY mengalami perubahan kita dihadapkan pada tuntutan IKU, PTNBH, kontrak Kinerja Rektor dan Kementerian. Kalau Kita flashback ke belakang, dibutuhkan pengembangan keilmuan, pusat-pusat dijadikan sebagai ujung tombak dengan stakeholder. LPPM bisa dipertahankan kontribusinya terutama untuk Reseach Group bisa ditingkatkan kontribusinya. Kolaborasi antara LPPM, fakultas, dan prodi, untuk dapat berkolaborasi dan berkompetensi di tingkat nasional maupun internasional.

Dr. Sujarwo (Dekan FIP) menyampaikan perlunya ide-ide kreatif, perlu diberdayakan sumbangan-sumbangan ide dapat dipakai di pemerintahan dan perusahaan juga layanan Disabilitas masih diperlukan, sedangkan Dr. Siswanto (Dekan FE) menyampaikan selama ini pusat belum begitu dirasakan oleh civitas akademika, brending agar ditingkatkan, kedepan Pusat-pusat dibentuk utuk kinerja lembaga IKU, kinerja pusat menjadi kinerja lembaga dan kinerja universitas, struktur untuk dirampingkan, saran asesor utuk PTNBH mohon semakain efektif dan kontribusi positif.

 

Sedangkan Prof. Dr. Bruri Triyono, M.Pd (Ketua WCU) menyampaikan bahwa Pusat studi dasarnya keilmuan, Pusat studi sejajar dengan fakultas, tupoksi pusat, bisa melaksanakan riset, bisa menirima mahasiswa di pusat-pusat studi. Perlunya best practice dan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat desa. Selanjutnya Dr. Suhadi (Dekan FIS) berpendapat Pusat-Pusat dibentuk sesuai keilmuan, lintas bidang seperti Pusat studi mitigasi bencana masih diperlukan, sebaiknya Pusat studi dikembalikan seperti dulu, 20 pusat studi tdk masalah. Dosen yang ada di prodi, fakultas mewajibkan dosen utuk menjadi anggota pusat studi.

 

Prof. Dr. Endang Mulyani (Ketua BPPU) menyampaikan UNY menuju PTNBH, bagaimana LPPM membentuk pusat pelatihan, diminta menyusun business plan, dikolaborasikan ke instansi pemerintah atau perusahaan, seperti di universitas lain, bidang kerjasama bergerak dalam hal promosi agas bersama-sama bisa berkembang. PerlunyaHilirisasi dan komersialisasi riset. Sedangkan Prof. Wawan (FIK) sejalan Bapak Rektor menginstruksi pusat LPPM, disesuaikan dengan OTK LPPM yang disiapkan dalam draft PTNBH sedangkan strukturnya bisa didiskusikan.

 

Diakhir sambutannya Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd, MT ( Ketua LPPM UNY), akan merangkum dan membawa masukan dari pendapat dan usulan dari bapak/Ibu anggota RAPIM UNY selanjutnya hasil Workshop ini akan disampaikan kepada bapak Rektor untuk menentukan Pusat-pusat yang akan menjadi unggulan dan bisa membawa kontribusi bagi di Universitas Negeri Yogyakarta menuju PTNBH dimasa yang akan datang.

Selanjutnya setelah kegiatan ini berakhir pukul 11.45 Wib dilanjutkan Penutup oleh Bapak Ketua LPPM UNY dengan membaca doa Alhamdulilah.(by herri-ganda)

Tags: