GENERATING AND PRESENTING NEW INSIGHT IN OUR RESEARCH

MCC khusus

Menghasilkan dan menyajikan wawasan baru dalam riset merupakan tema dari seminar online yang diselenggarakan Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta (PPBI LPPM UNY) sebagai pembuka kegiatan Manuscript Coaching Clinic Khusus (MCC Khusus) yang diikuti oleh para Reviewer yang berada di lingkungan UNY.

Seminar Daring diadakan untuk penyegaran dengan wawasan menuju research university ini yang diikuti dosen dengan mendaftar untuk mengikuti seminar daring dari berbagai fakultas di lingkungan UNY. Hadir Invited speakers dari Nanyang Technological University, Singapore yaitu Dr. Willy A. Renandya (National Institute of Education, Nanyang Technological University - NTU, Singapore) dengan topik Building a Research Culture dan Associate Prof. Mark Charles Baildon (Associate Dean, Office of Education Research, Nanyang Technologic University - NTU, Singapore) dengan topik Developing a Research Agenda. Dengan Invited Guest dari NTU antara lain: Lay Hoon Seah (Sources of My research Ideas), Lee Ngan Hoe ( A Journey of Teaching, Research, and Publication), dan Dr Peidong Yang (Generating Research Ideas & Agenda - My “accidental” Journey into Educational Mobility Research). Acara ini dikoordinir oleh ketua panitia, Dr. Endah Retnowati sekaligus sebagai moderator webinar.

Opening Remark seminar daring oleh Prof. Dr. Sutrisma Wibawa, M.Pd. memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seminar yang menghadirkan pembicara luar negeri sebagai upaya untuk menjaga jejaring internasional dan meningkatkan kapasitas dosen UNY dalam upaya UNY mencapai visi dan misinya menuju World Class University.

Dalam Opening Speech-nya Ketua LPPM berharap seminar daring dapat memberikan semangat bagi sivitas akademika UNY umumnya dan peserta MCC khususnya dalam menghasilkan publikasi yang bertaraf internasional.

Dalam suatu kesempatan Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes sebagai Ketua LPPM UNY mengungkapkan perlu memberikan kemudahan kepada reviewer jurnal untuk memperbaruhi wawasan dan memberikan kesempatan untuk menulis. Tidak hanya menjadi pelatih tapi juga menjadi pemain. Sebagai bentuk apresiasi terhadap reviewer, PPBI LPPM UNY mengadakan MCC Khusus Reviewer yang berlangsung dari Senin, 10 Agustus 2020 sampai dengan Kamis 13 Agustus 2020 yang berlangsung di UNY Hotel, yang diikuti sebanyak 25 peserta, diharapkan diakhir acara semua artikel yang telah disusun dapat submit ke jurnal internasional. (hty)

Tags: