Workshop Penyusunan Proposal dan PPM Vokasi UNY Tahun 2022

vokasi

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki kekhasan program sebagai keunggulan yang dikembangkan dari rumusan visi, misi, tujuan, dan sasarannya. Keunggulan UNY tersebut menjadi dasar bagi semua civitas akademika dalam berkarya pada setiap ranah Tri Dharma perguruan tinggi, termasuk bidang penelitian dan pengabdian.Visi UNY adalah pada tahun 2025 menjadi  Universitas kependidikan kelas dunia yang inovatif dan kreatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. UNY sebagai universitas yang lahir dari perguruan tinggi keguruan, memiliki visi utama untuk mengembangkan program kependidikan menghasilkan pendidik dan akademisi profesional melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran Rencana Strategis UNY 2020 – 2025 yang terencana, terukur dan berkesinambungan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berjatidiri pada visi dan misi UNY.

Skenario dalam pencapaian visi misi UNY pada tahun 2022 adalah  creativity and innovation enhancement: peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat melalui program internasionalisasi dan kerja sama. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi barometer UNY untuk menuju research university dan innovative entrepreneur university. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UNY harus didasarkan pada rencana induk yang menjadi rencana strategis UNY yang memiliki keunggulan, kelemahan, peluang dan tantangan (Kekapan). Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan terjamin mutunya mampu mengakselerasi UNY menjadi unggul dalam bidang teaching, research, community service, and innovative entrepreneurship. Oleh karena untuk mendorong dan memotivasi dosen-dosen prodi vokasi untuk menyusun dan submit proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang vokasi UNY Tahun 2022, yang akan dikompetensikan pada Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNY, Jum’at, 14 Januari 2022, bertempat di UNY Hotel  mengadakan  Workshop Penyusunan Proposal dan PPM Vokasi UNY Tahun 2022 yang dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof.Dr. Margana, Ketua LPPM dan Sekretaris serta  85 dosen vokasi di UNY. Workshop dibuka secara resmi oleh WR Bidang Akdemik, Prof.Dr. Margana, M.Hum

Ketua LPPM, Prof. Dr. Syamsul Hadi, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah hadir dalam acara ini. Prof. Dr. Syamsul Hadi juga berharap dengan workshop ini terpenuhi Proposal PKM vokasi. Penelitian dan pengabdian adalah darma bagi dosen untuk itu dimaksimalkan penelitian ini baik menggunakan dana dari UNY maupun dari luar UNY. Penelitian sangat penting untuk menunjukkan exsistensi UNY, di tingkat nasional dan internasional. Dan penelitian harus disiapkan sebaik mungkin karena ada seleksi proposal yang menggunakan dana internal maupun external.

Pada kesempatan ini workshop menghadirkan 4 pemakalah, 1 dari luar UNY yaitu Prof.  Dr. Okid Parama Astirin, M.S. dari Universitas Negeri Semarang (UNS) menyampaikan makalah dengan judul Kebijakan Pelaksanaan Program Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dan Program Matching Fund dan 3 dari UNY yaitu Pemateri  Penelitian  Prof.  Dr. Dadan Rosana, M.Si., dan   Prof.  Drs. Jaslin  lkhsan,  M.App.Sc., Ph.D.,  serta Pemateri  PPM Darmono, M.T. Dengan adanya workshop ini diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang vokasi UNY Tahun 2022. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang vokasi UNY Tahun 2022. Dosen-dosen prodi vokasi dapat menyusun dan submit proposal penelitian dan PPM vokasi UNY Tahun 2022, paling lambat tanggal 24 Januari 2022.  Acara workshop diakhiri tanya jawab. (Heri LPPM)

Tags: