Workshop Teknik Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif bagi Dosen Muda UNY dan Mahasiswa S3 PPs UNY

analisis data

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki visi ”Menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025”. Salah satu upaya untuk mewujudkan visi UNY yaitu melalui kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa UNY. Kualitas penelitian dosen dan mahasiswa ini salah satunya ditentukan oleh ketepatan dalam memilih teknik analisis datanya.

Kemampuan meneliti dan menganalisis data penelitian bagi para Dosen dan mahasiswa di UNY sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas penelitian para dosen dan mahasiswa disamping juga mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebijakan akademik, dan berbagai permasalahan yang bisa diselesaikan melalui pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif maka memicu untuk dilaksanakannya kegiatan workshop teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif bagi para dosen muda UNY dan mahasiswa S3 Program Pascasarjana UNY. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan meneliti dan analisis data baik secara kualitatif maupun kuantitatif bagi para Dosen Muda UNY  dan mahasiswa S3 Program Pascasarjana UNY agar diperoleh hasil-hasil penelitian yang berkualitas.

Terkait hal di atas, maka Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian LPPM UNY  menyelenggarakan kegiatan peningkatan  kemampuan  analisis data kualitatif dan kuantitatif bagi dosen muda UNY dan mahasiswa S3 PPs UNY yang dikemas dalam bentuk kegiatan workshop selama dua (2) hari yaitu hari Selasa, Rabu tanggal 9 dan 10 Agustus 2022 di LPPM UNY. Workshop di ketuai bapak Prof. Dr. Sudji Munadi dan kegiatan ini berisi pemaparan materi metode penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif dan teknik analisis datanya oleh narasumber bapak Cally Setiawan, Ph.D dari Universitas Negeri Yogyakarta dihari pertama dan bapak Dr. Syahrul Ramadhan, S. Pd., M.Pd dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk hari ke dua dilanjutkan praktik analisis data kualitatif maupun kuantitatif menggunakan software yang sesuai agar para dosen muda UNY dan mahasiswa S3 PPs UNY memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan bagaimana menganalisis data penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif untuk mendukung penelitiannya.

Dalam sambutan ketua panitia bapak Prof. Dr. Sudji Munadi menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi Dosen Muda dan mahasiswa S3 UNY dalam melaksanakan penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif, meningkatkan kompetensi Dosen  Muda dan mahasiswa S3 UNY dalam menganalisis data kualitatif dan kuantitatif dengan software yang sesuai, meningkatkan kualitas dan produktivitas penelitian dosen dan mahasiswa S3 Universitas Negeri Yogyakarta. Workshop dibuka secara resmi oleh Ketua LPPM di damping Sekretaris LPPM UNY. (heri-LPPM)

Tags: