LPPM SELENGGARAKAN TES PERANGKAT DESA DAN STAF DESA SELOMARTANI

selomartani

Dalam rangka memenuhi kekosongan perangkat desa (dukuh) dan seleksi staf, Desa Selomartani Kec. Kalasan, Sleman bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Test Seleksi bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai 2 LPPM UNY dan UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Negeri Yogyakarta , pada hari Sabtu, 7 November 2020, pukul 07.30-17.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari hasil kesepakatan Desa Selomartani dengan LPPM UNY dalam bentuk test seleksi yang bersih dan akuntabel. Pada acara pembukaan dihadiri oleh Ketua LPPM UNY, bapak Prof. Dr. Siswantoyo, M,Kes, AIFO, Sekretaris LPPM, ibu Prof. Dr. Siti Irene Dwi Astuti Dwinigrum, M.Si, Ketua Penguji Prof.Dr. Sudji Munadi, M.Pd beserta anggota tim penguji, Camat Kecamatan Kalasan ibu Anggraeni Susiloprapti, SH, M.Si, Kepala Desa Selomartani ibu Nur Widayati, SH, beserta Panitia dari Desa Selomartani dan peserta seleksi sebanyak 73 orang.

Seleksi ini untuk mengisi kekosongan perangkat Desa Selomartani, antara lain 3 Dukuh, yaitu Dukuh Ngasem, Pondok, Jetak dan staf. Untuk Dukuh Ngasem test diikuti sebanyak 4 peserta, Dukuh Ngasem 7 peserta dan Dukuh Jetak 5 peserta, dan untuk lowongan 3 orang staf Desa Selomartani diikuti 57 peserta.

Dalam seleksi kali ini peserta akan melaksanakan beberapa test antara lain Tes Psikologi, Test Pengetahuan melalui CBT, Tes Keterampilam IT bagi staf, sedangkan untuk calon dukuh ditambah dengan wawancara dan tes praktek pidato sesuai dengan aturan yang berlaku. Test pidato dan test wawancara menempati ruangan dilantai 1 gedung LPPM UNY dan untuk Tes Pengetahuan melalui CBT dan tes keterampilan IT di Gedung UPT TIK Universitas Negeri Yogyakarta. Disampaikan oleh Ketua LPPM bahwa test dilaksanakan dengan profesional, bersih dan akuntabel oleh Tim Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian dan KKN LPPM UNY yang diharapkan mampu memilih calon-calon perangkat desa yang kompetitif dan mampu melaksanakan amanah dengan baik dan memilih staf yang terampil dan berkarakter. Hasil diserahkan oleh ketua LPPM UNY kepada Panitia Seleksi dan sekaligus diumumkan oleh panitia seleksi kepada seluruh peserta di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta. (herri/her)

Tags: