PERSIAPAN PEMBENTUKAN KOMISI ETIK PENELITIAN UNY

Visi LPPM UNY yaitu Terwujudnya LPPM yang unggul dan terkemuka dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis ipteks dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kehidupan dan kemanusiaan untuk mendukung UNY menjadi Universitas Kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan.

Untuk mencapai visi tersebut, LPPM perlu mempunyai Komisi Etik Penelitian yang bermanfaat bagi penjaminan mutu penelitian di UNY sehingga pelaksanaan penelitian berjalan sesuai standart yang diharapkan.

Pada Tanggal 23-27 Nopember 2020 Di Hotel Grand Dafam Rohan, LPPM UNY telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Ethical Clearance Komisi Etik Penelitian UNY dengan Nara Sumber  Prof. Dr. Triono Soendoro, M.Sc., M.Phill, Ph.D dari UNAIR Surabaya dengan peserta perwakilan dari fakultas di UNY masing-masing sebanyak 5 orang dan juga dari  5 Perguruan Tinggi di Yogyakarta seperti Universitas Janabadra, Universitas Mercubuana, Universtas Ahmad Dahlan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan Universitas PGRI Yogyakarta.

Sebagai tindak lanjut kegiatan Pelatihan Ethical Clearance Komisi Etik Penelitian UNY, dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Sabtu, tanggal 5 Desember 2020 di Ruang Jasmin 1 Hotel Grand Dafam Rohan.mulai jam 09.00  WIB yang dihadiri perwakilan tim komisi Etik dari fakultas masing-masing 1 orang dengan nara sumber Dr. Syamsurizal, M.Biomed  dari Universitas Negeri Padang.
Kegiatan diawali dengan acara pembukaan oleh Plt Rektor UNY Prof. Dr. Margana, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa  Komisi Etik UNY akan segera diakselerasi pendiriannya melalui SK Rektor sehingga dengan adanya komisi etik dapat meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dengan mengedepankan hilirisasi dari hasil penelitian tidak hanya di hulu. Pada Kesempatan ini juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY dan Ketua LPMPP UNY.
Dalam FGD ini Dr. Syamsurizal, M.Biomed menyampaikan tentang prosedur pendirian komite etik penelitian dan dilanjutkan dengan diskusi oleh peserta FGD tentang reformulasi persiapan pembentukan komisi etik UNY. Dan Tim Inti Komisi Etik UNY berhasil merancang dua hal yakni SOP Pengajuan Etik Penelitian dan Strategi Implementasi Komisi Etik Penelitian UNY.
Kegiatan ini  ditutup pada jam 12.00 WIB oleh Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. dengan ucapan terimakasih atas partisipasi semua peserta dan doa penutup mengakhiri kegiatan ini yang berjalan sukses dan lancar. (tri s)