WORKSHOP PENCERMATAN PANDUAN PENELITIAN DAN PKM TAHUN 2023

Dengan status PTNBH, UNY dituntut mengoptimalkan sumber daya untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang optimal. Untuk itu, UNY menetapkan sasaran strategis untuk ke-sepuluh bidang pengembangan UNY dalam rangka pencapaian visinya. Tahap pencapaian visi UNY pada tahun 2023 yaitu output excellency and networking: keunggulan luaran hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, khususnya dalam bentuk prestasi mahasiswa, publikasi ilmiah, dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

 

Untuk menunjang visi UNY tersebut, pada Hari Jum’at, tanggal 3 Februari 2023, Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat mengadakan kegiatan Workshop pencermatan panduan penelitian dan PkM Dana DIPA Tahun 2023, yang bertujuan untuk membantu peningkatan penjaminan mutu maupun kuantitas penelitian dan PkM dosen UNY.

 

Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. (Direktur Riset dan PkM UNY) dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk memudahkan dosen dalam menyusun penelitian dan PkM perlu dibuat panduan penelitian dan PkM yang simple, efektif, praktis, dan tidak banyak teori, seringkas mungkin sehingga memudahkan untuk dibaca. Penelitian bisa menghasilkan produk yang potensi mendatangkan income kecuali Research Group (RG) untuk mengembangkan kompetensi dosen. Sehingga pencermatan luaran menjadi penting. Pada hari ini dilakukan review panduan sehingga perbaikan dan masukan amat penting dalam mendukung kualitas penelitian.

 

Sambutan Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. (Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha) menyatakan bahwa PTNBH menjadikan UNY harus bekerja secara professional, termasuk penelitian dan PkM. Riset yang dilakukan diharapkan menghasilkan produk yang memiliki daya tarik dan bisa mendatangkan income. Panduan yang dibuat perlu diselaraskan dengan visi, misi, kebijakan, serta mudah difahami oleh pengguna.

 

Dilanjutkan Sambutan Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. AIFO (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) yang menyatakan bahwa dengan UNY PTNBH terjadi perubahan kultural dan struktural. DRPM bisa membawa luaran ke dunia kerja. Regulasi di statuta berbagai kerjasama dan hilirisasi untuk menghasilkan income generating. Kerjasama dengan dunia kerja merupakan hal penting. DRPM bisa mensinergikan agar PkM untuk UNY mbangun desa  melalui dosen berkegiatan di luar kampus (DLK) dengan kelompok KKN.

 

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pencermatan dan diskusi terkait panduan yang disusun. Beberapa masukan dari dosen untuk kelengkapan pedoman terkait dengan monev, penjaminan mutu dan indikator luaran sebaiknya dibuat matrik. Indikator kinerja penelitian dibuat secara rinci dan mekanisme pengelolaan perlu dibuat jelas. Masukan lain untuk website penelitian “SIMPPM” yaitu kerjasama atau IA bisa ditambahkan pada laporan akhir dan diberi tempat sendiri sehingga menjadi dokumen tersendiri. (Tri S-Hartaya)

Tags: