PUSAT BUDAYA, LINKUNGAN DAN MITIGASI LPPM SELENGGARAKAN DIKLAT DASAR-DASAR AMDAL

Pusat Bidaya Lingkungan dan Mitigasi LPPM UNY melakukan kerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta dalam pelaksanaan Diklat Dasar-dasar Amdal. Kegiatan ini merupakan langkah awal UNY untuk mendirikan Lembaga Pelatihan Kompetensi (LPK) di bidang lingkungan hidup. Kegiatan Diklat Dasar-dasar Amdal angkatan pertama ini diselenggarakan selama 6 hari (25-30 Oktober 2021), dengan peserta 25 orang dosen UNY dari berbagai fakultas. Harapannya ke depan para alumni peserta diklat tersebut dapat membantu program kerja Pusat Budaya Lingkungan dan Mitigasi LPPM UNY dalam kegiatan layanan konsultasi penyusunan dokumen pemantauan lingkungan hidup. Oleh karena itulah dipilih 25 peserta diklat dengan latar belakang dari berbagai bidang keilmuan yang berkomitmen untuk siap membantu kerja Pusat Budaya Lingkungan dan MItigasi LPPM UNY yang sedang merintis berdirinya LPK di bidang lingkungan hidup tersebut. Nantinya Diklat Dasar-dasar Amdal akan dilaksanakan secara berbayar dan terbuka untuk umum.

Pelaksanaan diklat Dasar-dasar Amdal ini dilakukan dengan format cukup unik, yaitu secara e-leraning dengan kurikulum, materi pelatihan dan pengajar dari KLHK Jakarta. Pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh menggunakan Learning Management System (LMS) dari KLHK Jakarta, tetapi semua peserta pelatihan dikumpulkan selama 6 hari secara fullday di Hotel Victoria, Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan pembukaan di hari pertama, dengan pemberian sambutan dari Kapusdiklat KLHK Jakarta, Ketua LPPM UNY, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UNY bisang kejasama. Secara keseluruhan pelaksanaan diklat berjalan baik, dan di hari ke-6 acara ditutup oleh Ketua LPPM UNY.

Hasil kegiatan Diklat ini adalah telah dihasilkannya 25 orang lulusan yang bersertifikat pelatihan Dasar-dasar Amdal, dan telah terpilih 3 peserta Diklat terbaik. Selanjutnya, kegiatan Diklat Dasar-dasar Amdal kerjasama antara Pusat Budaya Lingkungan dan Mitigasi LPPM UNY dan KLHK Jakarta ini akan diselenggarakan secara rutin dan periodik. (tien)

Tags: