Workshop Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian DRPTM & DAPTV Kemdikbudristek Tahun 2023 DRPM UNY

Bertempat di Hotel UNY, Kamis, 30 Maret 2023 DRPM UNY menyelenggarakan Workshop Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Dana DRPTM dan DAPTV Kemdikbudristek, dihadiri oleh 97 orang peserta dosen di lingkungan UNY. Acara didahului sambutan oleh Direktur DRPM UNY, Bapak Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd, MT. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas kehadiran para peserta dan mengatakan bahwa Usulan proposal penelitian tahun lalu sebanyak 400-an proposal, untuk tahun ini diharapkan lebih dari itu, dengan mempertimbangkan status UNY PTNBH.  Untuk penelitian skema program Doktor dan Tesis Magister bagi mahasiswa, bisa membantu dalam penyelesaian tesis atau disertasinya. Workshop ini juga disediakan pendamping untuk membantu para dosen dan mahasiswa yang mempunyai minat untuk menyusun proposal untuk pendanaan dari DRTPM dan DAPTV Kemdikbudristek.

 

Hadir pada kesempatan ini melalui Zoom Meeting  Wakil Rektor Bidang RKSIU UNY - Prof. Dr. Margana,M.Hum.MA, dalam sambutannya mengatakan peralihan status UNY PTNBH mendorong agar UNY meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan income generating, antara lain melalui pendanaan riset dari luar UNY. Proposal yang disusun harus sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam panduan. Panduan menjadi acuan utama dalam penyusunan proposal, perlu juga dipertimbangkan anggota peneliti yang kompeten. Proposal diupload jauh hari dari waktu batas unggah lebih baik, agar tidak mengalami kendala lalu lintas internet. Kolaborasi DRPM dan Bidang RKSIU untuk mengawal penyusunan proposal sampai unggah. Proposal yang di usulkan  Sehingga banyak proposal yang lolos mendapatkan pendanaan. Acara Sekaligus dibuka oleh Beliau.

 

Penjelasan Teknis Pelaksanaan, Sekretaris DRPM, Prof Dr. Siti Irene Astuti D., M.Si. Target workshop adalah , finalisasi dan mengunggah proposal didampingi oleh Pendamping dari masing-masing fakultas yang sudah ditunjuk oleh DRPM UNY. Silakan dikerjakan semaksimal mungkin.Skim yang dipilih, tata tulis dan hal yang baru bisa dipertimbangkan. Ada tim reviewer dan pendamping teknis dalam acara ini. Penjelasan Pelaksanaan, Ketua Penjamin Mutu DRPM, Retna Hidayah, Ph.D. Tahun lalu, kita punya proposal sekitar 400 dan yang diterima sekitar 10 %. Hari ini akan mulai camp, dibagi dalam beberapa group, yang didampingi oleh pendamping baik yang berasal dari reviewer atau dosen yang berpengalaman mendapatkan dana. Nanti akan dilakukan pendampingan substantif dan RAB keuangan . Langkah pertama, perlu melakukan Ketua Pengusul perlu diperiksa persyaratan berdasarkan skim. Disusun per kelompok untuk memudahkan pendampingan. Acara workshop berakhir pada pukul 15.00 WIB. (Herri/Heri-DRPM)

Tags: