Pendayagunaan dan Optimalisasi berbagai Potensi Sumber Daya yang ada untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Sesungguhnya masih banyak hal yang belum tersentuh atau luput dari perhatian kita dalam membangun masyarakat, khususnya dalam pendayagunaan dan optimalisasi berbagai potensi sumber daya yang ada untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang antara lain disebabkan karena terbatasnya jumlah aparat pemerintahan atau karena berbagai keterbatasan lainnya. Disinilah peran pihak-pihak terkait sangat dibutuhkan, antara lain peran lembaga pendidikan tinggi termasuk dalam hal ini Universitas Negeri Yogyakarta, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Tentunya, selama melakukan proses interaksi langsung dengan masyarakat, banyak hal mengenai pola kehidupan masyarakat yang dilihat, diamati, dan dicermati oleh mahasiswa KKN secara aktual Yang mungkin sebagian dari realita yang ada tidak pernah dijumpai dalam kehidupan kampus, inilah yang kita namakan proses pengayaan wawasan, yang akan semakin menambah serta mempercepat proses pendewasaan pola pikir mahasiswa di kemudian hari.Demikianlah sambutan dari Bupati Purbalingga yang dibacakan oleh Wakil Bupati Purbalingga Drs. H. Sukento Rido Marhaendrianto, MM yang didampingi oleh Sekretaris LPPM Prof. Wawan S. Suherman pada acara Penyerahan Kembali/Penarikan Mahasiswa KKN UNY Yogyakarta di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga, Sabtu, 9 Juni 2012, yang di hadiri oleh 137 mahasiswa KKN UNY.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah di laksanakan oleh mahasiswa UNY selama melaksanakan KKN di wilayah Kab. Purbalingga selama 4 bulan, yakni dari tanggal 10 Februari 2012 - 9 Juni 2012 di 7 desa yang tersebar di 3 kecamatan (Bojongsari, Bobotsari, dan Mrebet), baik kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik. Tentu telah memberi manfaat dan nilai tambah bagi masyarakat Kab. Purbalingga, dan tentu saja sangat berguna dalam mendorong akselerasi pembangunan di Kab. Purbalingga.

Tags: