Pengembangan Website Jurnal UNY dan Pendampingan Teknis Akreditasi Nasional

berita

Dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan menaikkan peringkat dengan menggunakan Science and Technology Index (SINTA), maka Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) menyelenggarakanWorkshop Pengembangan Website Jurnal dan Pendampingan Teknis Akreditasi Nasional”. Workshop ini diikuti sekitar 50 peserta dengan mengundang admin jurnal dan koodinator jurnal di fakultas lingkungan UNY. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 03 Oktober 2020 yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB.

 

Dalam pengantarnya Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY, Prof. Dr. Siswantoyo,M.Kes, AIFO memberikan apresiasi kepada PPBI LPPM UNY, atas kerja kerasnya, menyelenggarakan workshop ini. “Terima kasih kepada Bapak Raden Panji Cepi Lesmana dari Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang telah berkenan menjadi narsumber utama acara ini. Kami mohon acara ini bisa mengakselerasi dan menyemangati dalam rangka meningkatkan akreditasi jurnal“, pungkasnya.

 

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UNY, Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A. mengungkapkan bahwa UNY akan mendorong untuk akreditasi jurnal baik nasional (SINTA) maupun internasional (SCOPUS/ WOS), sebagai wahana para penulis dalam mempublikasikan pemikirannya. Akreditasi merupakan garansi kualitas dari publikasi ilmiah. Semakin banyak jurnal yang terakeditasi atau terindeks, maka semakin menarik sebagai tempat publikasi. UNY sudah megeluarkan insentif bagi jurnal yang naik kelas, begitu juga dengan penulis yang bisa melakukan publikasi di jurnal yang terindeks. Ini dalam upaya UNY menjuju World Class University (WCU) di Bidang Pendidikan pada tahun 2025. Diharapkan di tahun 2021, kita akan punya One Lecture One Scopus, sebagai upaya kita menuju WCU”, begitu pinta Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A.

 

Instrumen penilaian akreditasi berdasarkan pada Permenristekdikti Nomor 9 tahun 2018 dan Perdirjen Risbang No 19 tahun 2018 yang memberikan peringkat 1 sampai 6, yanga biasa disebut dengan SINTA 1 sampai 6. Jurnal yang akan masuk ke SINTA harus mendaftarkan melalui portal ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dengan alamat url: http://arjuna.ristekdikti.go.id/. Subdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek/ BRIN) akan menugaskan Asesor Akreditasi yang terdiri dari penilaian manajemen (penamaan jurnal ilmiah, kelembagaan penerbit, penyuntingan dan manajemen jurnal, penampilan, keberkalaan, dan penyebarluasan ) dan penilaian substansi atau konten (substansi artikel, gaya penulisan) dari jurnal yang diakreditasi.

 

Tim UNY telah melakukan evaluasi diri terhadap jurnal UNY dengan mengacu pada aspek penilaian akreditasi merupakan bahan workshop. Dalam penutupannya, Ketua PPBI LPPM UNY, Endah Retnowati, Ph.D. mengingatkan agar website jurnal di-review kembali dan disesuaikan dengan standard akreditasi dan hasil workshop ini. (hty)

Tags: