RISET PROTOTIPE INDUSTRI SEBAGAI UPAYA KOMERSIALISASI RISET UNY

prototype

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki kekhasan program sebagai keunggulan yang dikembangkan dari rumusan visi, misi, tujuan, dan sasarannya. Keunggulan UNY tersebut menjadi dasar bagi semua civitas akademika dalam berkarya pada setiap ranah Tri Dharma perguruan tinggi, termasuk bidang penelitian dan pengabdian. Visi UNY adalah menjadi Menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025. Semua lembaga dan unit kerja di UNY termasuk LPPM wajib mendukung untuk mewujudkannya.

Kebijakan UNY dalam merespon Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) Tahun 2017-2045 dengan kebijakan penugasan penelitian yang mendorong dinamika kerja riset lebih akseleratif pada seluruh dosen di UNY. Di samping itu, salah satu progam utama yang dirancang oleh UNY dengan mendirikan Pusat Unggulan Inovasi (PUI) di LPPM UNY yang diharapkan dapat mengakomodasi semua pihak pelaku riset, tetapi lebih utama lagi adalah untuk mensinergikan seluruh kekuatan yang ada agar mendapatkan hasil yang optimal di tengah keterbatasan sumberdaya mampu menghasilkan produk-produk yang inovatif.

Pada tahun 2020, dengan dana Universitas Negeri Yogyakarta diluncurkan skim Riset Prototipe Industri, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya saing bangsa melalui publikasi internasional bereputasi dan komersialisasi produk/teknologi dari riset kompetitif maupun inisiatif; yang berbasis multidispliner dan/ transdispliner dan Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) minimal 6, mengacu pada TKT yang diterbitkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendiidkan Tinggi.

Skim Penelitian ini ditawarkan mulai bulan Februari 2020, melaui tahapan pengunggahan proposal di sistem http://simppm.lppm.uny.ac.id., dan sampai saat ini telah diperoleh 10 (sepuluh) proposal yang telah dilakukan penilaian kelayakan oleh Penilai yang bersertifikat nasional. Tahapan salanjutnya akan diterbitkan Surat Keputusan Rektor UNY.

Semoga langkah UNY ini meupakan kontribusi terhadap pencapaian target RIRN 2015-2045 yang dirancang dengan pendekatan holistik, lintas institusi, lintas ranah dan berdasarkan fokus riset

Tags: