WORKSHOP EVALUASI KEGIATAN SELEKSI PAMONG/ PERANGKAT KALURAHAN/DESA TAHUN 2022

pamong

Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian LPPM UNY mengadakan Workshop Evaluasi Kegiatan Seleksi Pamong/Perangkat Kalurahan/Desa Tahun 2022 pada hari Senin tanggal 12 Desember 2022 di room meeting Hotel Grand Keisha Yogyakarta dengan mengundang 58 Lurah dan Camat/Panewu yang sudah pernah bekerjasama dengan LPPM UNY selama tahun 2022.

Kegiatan diawali dengan makan siang bersama dan dilanjutkan registrasi peserta workshop. Sambutan sekaligus laporan Ketua LPPM UNY oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T menyampaikan bahwa selama tahun 2022 ini LPPM UNY telah melaksanakan seleksi pamong/perangkat sebanyak 34 kali dalam setahun. Tahun 2022 ini LPPM UNY banyak melayani seleksi untuk wilayah Sleman, Bantul, Kulon Progo bahkan wilayah Jawa Tengah yaitu Sragen dan Demak. Namun dalam hal ini menjadi catatan bagi Ketua dan Sekretaris Pusat Studi Pengembangan dan Pelayanan Pengujian LPPM UNY bahwa kegiatan rutin yang dilaksanakan dengan frekuensi yang cukup banyak terkadang membuat sistem berjalan secara otomatis. Catatan lainnya untuk wilayah Gunungkidul belum menjadi mitra dari UNY dalam pelaksanaan seleksi perangkat desa. Banyak hal yang harus diperbaiki, saran dan penguatan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas seleksi pamong dan khususnya pusat pengembangan dan pengujian semakin meningkat.

Sambutan Rektor UNY diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yakni Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mitra atas kepercayaannya dan Kerjasama di tahun selanjutnya menjadi harapan kami. Informasi untuk mitra, UNY telah berubah menjadi PTNBH dan perubahan ini memberikan dampak kepada tingkat fleksibilitas dalam tatakelola Kerjasama menjadi lebih mudah. LPPM selalu mengembangkan perangkat, harapannya ada alat tes untuk potensi kemampuan layanan prima dan berkarakter, sehingga calon perangkat desa yang terpilih adalah orang yang berkepribadian baik, andhap asor, siap melayani, responsive, human relation yang baik. Layanan ini telah diterapkan juga dalam management kemahasiswaan UNY. Kemampuan ekstrakulikuler mahasiswa dengan dibiimbing softskill sehingga lulusan UNY tidak egois, teamwork yang baik. Challenge bagi Pusat layanan, pengembangan dan pengujian LPPM UNY untuk bisa menerapkan hal tersebut agar calon yng terpilih sesuai harapan warga. UNY akan terus meningkatkan kualitas, dan menjaga mutu dan memberikan dampak yang jelas pada masyarakat di sekitar dan di Indonesia pada umumnya.

Berakhirnya sambutan dan pembukaan oleh Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu Workshop Evaluasi Kegiatan Seleksi Pamong/Perangkat Kalurahan/Desa Tahun 2022 yang akan disampaikan Ketua Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian LPPM UNY oleh Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd selaku narasumber dan disampingi ibu Dr. Widihastuti, M.Pd selaku moderator/sekretaris pusdi yang akan memimpin kegiatan workshop.(Chery)

Tags: