AKSI DONOR DARAH DALAM RANGKA DIES KE-51 UNY

Aksi Donor darah 2015

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit UNY dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sleman menggelar kegiatan Aksi Donor Darah (ADD) dalam rangka memperingati Dies ke-51 UNY. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, dosen, karyawan, tamu undangan dan masyarakat umum di sekitar lingkungan UNY, kegiatan berlangsung selama dua hari 7-8 April 2015 di gedung LPPM UNY.

“Setiap kali diadakan ADD sambutan dari masyarakat khususnya pendonor sangat antusias, terbukti dari banyaknya pendonor yang mendaftarkan diri sebelum acara ini dilaksanakan. Kali ini ditargetkan mendapat 160 kantong darah, dari besarnya animo pendonor banyak yang gagal mendonorkan darahnya disebabkan HB yang rendah, darah tinggi, dll”, demikian disampaikan Ketua Panitia Yuliati, M.Kes pada kata sambutan pembukaan ADD di LPPM.

“Bagi pendonor akan mendapatkan doorprize, sertifikat dan juga disediakan photo corner untuk pendonor jika menginginkan untuk berfoto atau sekedar selfie”, imbuh Yuliati.

“LPPM selalu siap sebagai tempat pelaksanaan ADD, bahkan kegiatan sosial dan pengabdian pada masyarakat lainnya. ADD merupakan kegiatan yang mulia karena dari darah yang didonorkan bisa membantu orang lain yang membutuhkan. Bagi pendonor dan panitia niat baik ini Insya Allah bernilai ibadah”, kata Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Anik Ghufron, saat pembukaan ADD.

ADD dibuka langsung oleh Wakil Rektor I, Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D. pada kata sambutannya mengatakan persediaan darah di PMI selalu kurang, dan banyak yang membutuhkan. Kegiatan ini mungkin biasa dilakukan tapi ketika darah yang kita donorkan begitu dibutuhkan orang lain maka itu menjadi hal yang luar biasa, karena setetes darah adalah kehidupan.

Pada pelaksanaan ADD tahun ini dari 416 peserta berhasil didapatkan sebanyak 180 kantong darah,  (ags)

Tags: