KUNJUNGAN BENCHMARKING UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KE INKUBATOR BISNIS DAN INOVASI START UP UNY

Inkubator Bisnis dan Inovasi Start Up UNY menerima kunjungan benchmarking dari Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Hari Rabu, 25 Januari 2023 bertempat di Ruang Sidang Utama DRPM UNY Lt. 2. Rombongan disambut langsung oleh Sekretaris Direktur Riset dan PPM UNY didampingi Sekretaris Inkubator Bisnis dan Inovasi Start Up UNY.

Rombongan yang hadir adalah  Ketua Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan (LIPK) UNM beserta rombongan sebanyak 15 orang. Prof. Dr. Ramli Umar, M.Si, selaku ketua rombongan mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk menggali informasi terkait pengembangan potensi kewirausahaan di kalangan mahasiswa, tindak lanjut  hasil kewirausahaan untuk dilakukan hilirisasi sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan bagaimana menumbuhkan motivasi mahasiswa agar mempunyai jiwa kewirausahaan yang berkarakter dan inovatif.

Prof. Dr. Siti Irene Astuti D. M.Si., mengungkapkan pihaknya menyambut baik kunjungan ini. UNY juga baru menata diri dalam rangka PTNBH dimana Inkubator Bisnis dan Inovasi Start Up UNY yang paling siap menuju hilirisasi. Tidak mudah mengajak mahasiswa untuk berwirausaha, baru 30% mahasiswa yang berminat dalam praktik kewirausahaan. Saat ini DRPM UNY baru mengawal program Matching Fund yang didanai dari Kedaireka. Semoga dari diskusi ini bisa saling belajar dalam kolaborasi riset dan penulisan Jurnal.

Selanjutnya penjelasan terkait profil inkubator bisnis UNY disampaikan oleh Dinar Ari Prasetyo, M.BA dan dilanjutkan dengan diskusi bagaimana cara mengidentifikasi mahasiswa UNY yang berwirausaha,  apakah sistem inkubator bisnis di UNY ada keterkaitan dengan mata kuliah kewirausahaa, apakah ada SOP dalam menyusun pengembangan model inkubasi, bagaimana proses monitoring dalam kegiatan inkubasi dan dari mana sumber pendanaan dari inkubasi. Setelah diskusi selesai dilanjutkan dengan kunjungan ke tenant Inwall yaitu SPD Speedometer dan Astrobike. (Tri S & Herri)

Tags: