Inspirasi Jejak Kartini dalam Enterprenuership

iwpc 2019

Inkubator Bisnis Inspiring Womanpreneur Competition, biasa dikenal sebagai Inkubator Bisnis IWPC adalah serangkaian program yang dirancang oleh Womanpreneur Community (WPC) sejak tahun 2013, telah berjalan sebanyak 17 angkatan dan telah melahirkan lebih dari 500 alumni. Program ini didesain untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis skala Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadikan womanpreneur yang tangguh, kreatif, inovatif dengan bisnis yang berkelanjutan. Mempersiapkan mindset, kreativitas dan inovasi bagi wanita, mendukung startup pada berbagai tahap perkembangan usaha, menyebarkan spirit entreneurship bagi wanita Indonesia untuk membantu perekonomian keluarga dan ekonomi masyarakat, mengajak para wanita untuk berperan serta sebagai WOMAN OF CHANGE untuk majunya usaha mikro khususnya di kalangan wanita; adalah beberapa tujuan dirancangnya Inkubator Bisnis IWPC.

Inkubator bisnis IWPC merupakan program berkesinambungan dengan metode pelatihan bisnis, bimbingan dan pendampingan intensif selama empat bulan, yang terdiri dari 15 teori dan 85% praktek dengan mentoring penerapan ke bisnis peserta. Diluar pertemuan tatap muka, dilanjutkan pendampingan dengan mentoring dan coaching online setiap hari sebagai praktek penerapan materi ke bisnis masing-masing. Inkubator dilaksanakan dalam empat tahapan dari aspek entrepreneur mindset, rencana pengembangan bisnis, business model canvas, strategi marketing, strategi pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan, sampai leadership dan etika bisnis.

Pada tahun 2019, IWPC menyelenggarakan inkubator bisnis sebanyak 7 batch, penyelenggaraan di Yogyakarta merupakan batch 20 bekerja sama dengan Inkubtor Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).  Pada hari Kamis 25 April 2019 sampai Minggu 28 April 2019, dilaksanakan inkubator bisnis IWPC batch ke 20 bulan kedua di Inkubator Bisnis UNY, dengan narasumber Vivia Harjadi (Banker) dalam bidang Pengelolaan Keuangan, Irma Sustika (Founder WPC) terkait Goal Setting Business, Sandrah Prohatin (Human Resources Sekolah Madania) memberikan Human Resource for UKM, Sribulancer Team membahas Packaging and Logo, Sonny Muchlison (Designer)  memberikan materi Berbisnis dengan Identitas, Paxel Team mendiskusikan How To Send Package, sedang pada hari Minggu 28 April 2019 mendiskusikan dan presentasi produk yang berlokasi di luar UNY yang diikuti oleh 23 peserta 23 calon startup, startup perempuan berbagai bidang usaha. (har)

Tags: