TALKSHOW PENGUATAN PERAN POSDAYA DALAM KKN KEISTIMEWAAN DIY DALAM RANGKA MENYAMBUT HARI KELUARGA NASIONAL

Posdaya merupakan wahana pemberdayaan keluarga yang dapat membangun jiwa gotong royong, peduli, kerja keras, dan ulet. Dengan empat pilar pengembangan Posdaya yang  terdiri dari Pendidikan, Kesehatan, Kewirausahaan dan Lingkungan Hidup kiranya merupakan strategi yang tepat untuk tujuan, bukan saja pengentasan kemiskinan namun lebih luas lagi adalah percepatan pencapaian MDGs.

Sabtu (18/5), 10 PerguruanTinggi Yogyakarta yang terdiri dari UNY, UGM, UIN, UII, UST, ATMAJAYA, UPN, APMD, UAD dan UJB bekerjasama dengan Yayasan Damandiri menyelenggaran Talkshow bertajuk “Pengutan Peran Posdaya dalam KKN Keistimewaan DIY dalam Rangka Menyambut Hari Keluarga Nasional” yang disiarkan oleh TVRI Stasiun Yogyakarta, bertempat di Gedung Tennis Indoor UNY. Acara diikuti sekitar 1300 partisipan yang memadati kursi yang disediakan panitia.

Menurut ketua panitia Triatmanto, M.Si, “inti dari kegiatan ini untuk menguatkan sinergi antar PerguruanTinggi di Yogyakarta, Pemerintah daerah melalui Bappeda dan Pemberdayaan masyarakat melalui Posdaya. Pengentasan kemiskinan di DIY menjadi tujuan utama melalui program Posdaya di dusun-dusun.”, tandasnya.

Triatmanto menambahkan, “sinergi ini tercipta melalui badan koordinasi KKN Keistimewaan DIY yang dikoordinasikan oleh Bp. Gatot Murjito, M.S dari UGM”

Turut diundang menjadi narasumber diantaranya, Pimpinan Yayasan Damandiri sekaligus pencetus Posdaya (Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Ph.D), Ketua Pembina Yayasan Supersemar (Hj. Titik Hediati Hariyadi, SE), Ketua Yayasan Supersemar (Subagya), Kepala Bappeda DIY  (Drs. Tafip Agus Rayanta, Msi), Bupati Kabupaten Kulon Progo (dr. H. Hasto Wardoyo, SP.OG.), Wakil Bupati Kabupaten Gunung Kidul (Drs. Immawan Wahyudi, MH.), Sekjen Yayasan Damandiri (Drs. Subiakto Tjakrawerdaya), Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Prof. Dr. Suratman, M.Sc.), dan Rektor UNY (Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.).

“Sebagai Perguruan Tinggi Negeri UNY selalu melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada masyarakat. Tentunya sebagai perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading akan tetapi diharapkan menjadi menara air yang dapat memberikan pencerahan dan memberdayakan masyarakat", demikian disampaikan Rektor UNY. 

"Sejalan dengan itu UNY selalu menerjunkan mahasiswa KKN Posdaya, dimana nantinya mahasiswa didorong dapat berbaur dengan masyarakat dan menjadi solusi atas persoalan-persoalan di masyarakat.” tegasnya.

Dalam kesempatan ini 20 mahasiswa relawan Posdaya dari UNY dan UST mendapatkan penghargaan sebagai Relawan Posdaya Berprestasi, penghargaan langsung diberikan oleh Mbak Titik Soeharto didampingi Rektor UNY dan Sekjen Yayasan Damandiri. Dan satu mahasiswa yang menjadi peserta talkshow langsung mendapatkan beasiswa dari Yayasan Supersemar.

Diakhir acara Ketua Pembina Yayasan Supersemar Titik Soeharto menyerahkan beasiswa sebesar 100 juta rupiah kepada UNY yang langsung diterima oleh Rektor UNY. Harapannya dengan beasiswa tersebut dapat membantu mahasiswa yang berprestasi untuk meraih impiannya.