PENERJUNAN KKN TEMATIK POSDAYA, KKN KEPENDIDIKAN DAN PPL UNY 2013

Penerjunan KKN 2013

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan dengan terjun langsung ke masyarakat. Masyarakat sasaran KKN dapat berupa masyarakat pedesaan, masyarakat perkotaan, sekolah, masyarakat industri, atau kelompok masyarakat yang dipandang layak menjadi sasaran KKN. Perguruan Tinggi bersinergi dengan masyarakat melalui KKN, salah satunya dengan program KKN Tematik Posdaya.

Jum’at (28/6), UNY menyelenggarakan Upacara Penerjunan KKN Tematik Posdaya, KKN Kepedidikan dan PPL di Auditorium UNY, acara dihadiri sekitar 1000 lebih perwakilan mahasiswa peserta KKN, jajaran UNY, dan turut hadir sebagai tamu kehormatan Pimpinan Yayasan Damandiri sekaligus pencetus Posdaya Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Ph.D dan Ketua Pembina Yayasan Supersemar Hj. Titik Hediati Hariyadi, SE.

Acara dibuka oleh ketua LPPM UNY Prof. Dr. Anik Ghufron sekaligus memberikan laporan penyelenggaraan KKN tahun 2013 ini. “Pada tahun ini LPPM UNY membentuk Posdaya baru yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di DIY, ini membuktikan KKN Tematik Posdaya diterima baik di masyarakat hingga Posdaya binaan LPPM UNY berprestasi ditingkat Nasional. Tahun ini saja UNY total menerjunkan 5107 mahasiswa, 4356 yang terdaftar dalam KKN Kependidikan dan PPL tersebar di wilayah DIY maupun Jawa Tengah, sedangkan sisanya 751 terdaftar dalam KKN Tematik Posdaya yang tersebar di 3 kabupaten, Gunung Kidul, Kulon Progo dan Klaten”, tegasnya.

Mahasiswa peserta KKN mendapatkan pembekalan dari Bapak Posdaya  Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Ph.D, dalam kesempatan ini Prof. Haryono menyampaikan pesannya “seorang mahasiswa harus bisa bersinergi dan beradaptasi dengan lingkungan masyarakatnya, mengimplementasikan teori yang didapatnya dibangku perkuliahan kepada dunia nyata untuk pengabdian kepada masyarakat”, tegasnya.

Yayasan Supersemar menyiapkan beasiswa sebesar 100 juta kepada mahasiswa UNY yang berprestasi, dan khusus untuk KKN Tematik Posdaya ini Yayasan Supersemar melalui Ketua Pembina Yayasan Supersemar Hj. Titik Hediati Hariyadi, SE yang dalam kesempatan ini turut menghadiri upacara penerjunan KKN UNY menyampaikan, “kami sudah menyiapkan hadiah bagi Posdaya yang menang dalam lomba Posdaya Terbaik, untuk hadiahnya berupa komputer jinjing (laptop) tapi jumlahnya masih kami rahasiakan”, tuturnya.

Pada kesempatan ini Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A dalam pidatonya menyampaikan, “UNY sebagai Perguruan Tinggi Negeri melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya dengan Pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa UNY harus bisa menjadi menara air yang bisa berguna bagi lingkungan masyarakatnya”, terangnya.

Di akhir acara secara simbolis Rektor UNY memberikan perangkat penunjang KKN berupa tas, buku panduan, topi dan kaos KKN kepada perwakilan mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya, KKN Kependidikan dan PPL.

Tags: