WAWASAN KEBANGSAAN BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBENTUK PELAJAR PANCASILA

wawasan kebangsaan

Jati diri bangsa menjadi salah satu identitias penting dalam hal kebangsaan. Di era global yang ditandai hilangnya sekat-sekat teritorial seperti sekarang ini di samping memberi kemudahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi juga berdampak negatif bagi sebagian orang. Masuknya nilai-nilai sosial-budaya melalui media, baik media elektronik maupun media sosial ikut memberikan pengaruh signifikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di sinilah urgensi diadakannya webinar dan workshop tentang wawasan kebangsaan bagi para guru yang selanjutnya dapat mengantarkan para peserta didik memiliki wawasan kebangsaan yang benar

Sebagai salah satu pusat studi dan sekaligus pusat pengembangan yang ada di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta, Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter mengadakan webinar dan workshop tentang wawasan kebangsaan dengan tema “Wawasan Kebangsaan Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Membentuk Pelajar Pancasila.” Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kebangsaan yang didasarkan pada nilai-nilai kearifan lokal kepada para guru, khusunya guru PPKn di Indonesia, agar dapat melakukan pembelajaran yang mengantarkan para peserta didik mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai praktik baik (best practices) dari para guru PPKn yang melakukan inovasi pembelajaran terkait dengan tema webinar tersebut, yang kemudian akan dijadikan satu buku yang dapat menjadi salah satu buku ajar bagi para guru PPKn di sekolah.

Kegiatan Webinar dan Workshop ini diselenggarakan melalui platform zoom meeting. Mengawali acara webinar, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO, selaku Kepala LPPM UNY, memberikan sambutan selamat datang kepada para peserta webinar dan menegaskan mengenai pentingnya membangun wawasan kebangsaan yang berbasis nilai-nilai kearifan lokal kepada para peserta didik. Webinar dan Workshop ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum., guru besar Antropologi Sastra dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Dr. Samsuri, M.Ag. dosen tetap di S1 dan S2 prodi PPKn Fakultas Ilmu Sosial UNY yang juga Sekretaris P3K LPPM UNY, dan Hartiningsih, M.Pd. Wakil Kepala MAN Yogyakarta 1 sekaligus guru PPKn. Acara ini dipandu oleh moderator, Dr. Marzuki, M.Ag., ketua P3K LPPM UNY yang juga dosen PPKn FIS UNY.

Pembicara pertama yaitu Dr. Samsuri, M.Ag. menyampaikan materi dengan judul Penguatan Wawasan Kebangsaan Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Kebijakan Pelajar Pancasila di Sekolah. Pembicara kedua adalah Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. menguraikan masalah “Wawasan Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal untuk Membentuk Insan Pancasialis.” Sedangkan pembicara ketiga yaitu Hartiningsih, M.Pd. menguraikan praksis penerapan wawasan kebangsaan di kelas dengan tema, “Implementasi Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan Berwawasan Kearifan Lokal di Sekolah.”

Peserta webinar ini cukup banyak. Tercatat dalam pendaftaran peserta tidak kurang dari 250 orang, meskipun akhirnya yang dapat aktif mengikutinya tidak sampai sejumlah itu. Melalui zoom meeting para peserta webinar cukup aktif dan antusias menyimak seluruh paparan materi webinar dari para narasumber. Cukup banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta webinar, dan semua pertanyaan ditanggapi secara mendalam oleh para narasumber, sehingga waktu yang tersedia sebenarnya tidak mencukupi untuk acara ini.

Kegiatan webinar ini dilanjutkan dengan workshop penyusunan bahan ajar yang didasarkan pada pengalaman para guru PPKn di kelas dalam mengintegrasikan wawasan kebangsaan berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Workshop ini diikuti perwakilan guru yang tergabung dalam MGMP mata pelajaran PPKn yang ada di lima kabupaten/kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari workshop ini dihasilkan kumpulan pengalaman para guru dalam melakukan pembelajaran di kelas yang menjadi best practice untuk membangun wawasan kebangsaan para peserta didik. Webinar dan workshop ini merupakan salah satu kegiatan yang diprogramkan oleh P3K LPPM UNY pada tahun 2020 ini. (marzuki/ags)

Tags: