FASILITASI PENYUSUNAN PROPOSAL MATCHING FUND TAHUN 2023 MELALUI WORKSHOP OLEH BIDANG RISET, KERJASAMA, SISTEM INFORMASI DAN USAHA UNY

Perguruan Tinggi banyak menghasilkan luaran hasil penelitian yang memiliki potensi untuk
diterapkan sebagai solusi berbagai persoalan di masyarakat atau dikembangkan untuk
komersialisasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional. Selain itu,
perguruan tinggi mempunyai kepakaran yang mumpuni untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi sektor industri.

Kemendikbudristek pada tahun 2023 kembali menawarkan program Matching Fund (MF) yang bertujuan untuk menjembatani dan mendorong terjadinya sinergi yang optimal antara perguruan tinggi dan pihak mitra sehingga terbentuk ekosistem kolaborasi yang lebih erat dan terakselerasi antara kampus, Dunia Usaha dan Dunia Industri/DUDI, institusi pemerintah, dan masyarakat melalui program di Kedaireka.

Untuk meraih pendanaan MF tersebut, Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Kerjasama Universitas Negeri Yogyakarta memfasilitasi kegiatan Workshop Pendampingan Penyusunan Proposal Matching Fund yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 18 Januari 2023 bertempat di RSU DRPPM UNY Lt. 2  dengan mengundang 175 dosen perwakilan dari fakultas, 15 pendamping dosen yang pernah mendapatkan pendanaan MF Tahun 2022 dan 8 mahasiswa yang siap membantu secara teknis.

Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. (Direktur Riset dan PPM UNY) dalam sambutannya memberikan semangat kepada peserta untuk meraih pendanaan penelitian dari luar seperti pendanaan dari DRPM, Kedaireka atau penelitian dari luar negeri. Seperti Program Matching Fund merupakan model pendanaan baru yang pendanaannya dari pemerintah dan swasta. Kegiatan penyusunan proposal MF hari ini merupakan tindak lanjut kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya yaitu memberikan bekal kepada pengusul MF dengan materi bagaimana tips & trik untuk meraih dan mendapatkan dana MF dengan menghadirkan dua Nara Sumber yaitu Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA (Dosen ITS) dan Sang Kompiang Wirawan, Ph.D (Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM). Selain itu juga dihadirkan Nara Sumber terkait aturan penggunaan dana yang disampaikan oleh Drs. Sukirjo, M.P (Direktur Perencanaan dan Keuangan UNY).

Sambutan selanjutnya dari Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha (RKSIU) UNY yang diwakili oleh Muslikhin, Ph.D menyampaikan bahwa target kegiatan hari ini adalah menyusun proposal 4 halaman. Pertemuan selanjutnya akan kita fasilitasi untuk mempertemukan mitra dengan pengusul dan akan disiapkan MoU-nya. Pesan dari Wakil Rektor bidang RKSIU UNY diharapkan kegiatan Matching Fund Tahun 2023 meningkat 3x lipat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 15 judul. Target kita Tahun 2023 adalah 60 judul proposal yang submit.

Acara selanjutnya disampaikan penjelasan bagaimana dan apa saja yang perlu disiapkan dalam upload proposal MF Tahun 2023 oleh Prof Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si dan sharing pengalaman pelaksanaan kegiatan MF Tahun 2022 oleh Dr. Phill Mashoedah, M.T. Dan dilanjutkan kerja mandiri tim pengusul yang didampingi tim pendamping dan tim teknis mahasiswa sampai jam 16.00. (Tri S)

Tags: