Workshop Pengembangan Kewirausahaan dan Digital Marketing Skill dalam Pendidikan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin tinggi mendorong individu perlu memiliki keterampilan kewirausahaan dan digital marketing, terutama bagi mereka yang bergelut di dunia wirausaha. Keterampilan digital marketing ini dapat membantu pemilik usaha untuk memasarkan jasa atau produk yang ditawarkan melalui platform digital seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, Youtube, maupun platform marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Melihat pentingnya peran digital marketing dan fenomena sosial saat ini, Yayasan Sekolah Laboratorium DRPM UNY menyelenggarakan Workshop pengembangan kewirausahaan dan digital marketing skill dalam pendidikan pada Senin, 3 Juli 2023. Kegiatan ini di ikuti oleh guru dan humas dari  beberapa sekolah di Yogyakarta dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pada guru dan humas tentang tantangan yang dihadapi di dunia usaha setelah semakin pesatnya perkembangan IPTEK, mengajarkan keterampilan digital marketing untuk meningkatkan animo konsumen dalam melirik usaha yang dimiliki, memberikan pemahaman pada guru dan humas tentang perubahan sifat konsumtif generasi milenial dari offline ke online, dan meningkatkan motivasi guru dan humas untuk terus melakukan inovasi dalam dunia usaha yang dilakukan.

Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. (Direktur DRPM UNY) dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan ini memberikan pengetahuan baru bagi guru dan humas dalam pemanfaatan digital marketing skill agar terus giat mengembangkan usaha di lingkungan sekolah. Selain itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kmahasiswaan dan Alumni FIPP, Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd mewakili Dekan FIPP dalam sambutannya juga memberikan dukungan atas workshop ini karena melihat pentingnya.

Narasumber pada workshop ini adalah Dr. Kiromim Baroroh, M.Si. dan Muhammad Dadang, S.Pd. Dalam penyampaian materinya, Dr. Kiromim Baroroh, M.Si memberikan simulasi kewirausahaan dan diskusi mengenai revolusi industri 4.0, potensi sekolah, dan tantangan wirausaha dalam pendidikan. Muhammad Dadang, S.Pd sebagai Digital Marketing Specialist dalam materinya memberikan tips untuk memulai usaha dengan menentukan potensi pasar dan melakukan riset sebelum memasarkan barang atau jasa. Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan pentingnya optimalisasi penggunaan kosakata dalam digital marketing dan peran Sosial media untuk menarik konsumen. Acara workshop ditutup oleh Ketua Yayasan Sekolah Laboratorium DRPM UNY dan foto bersama narasumber dan peserta (Novela/Tutik).