DONOR DARAH DALAM RANGKA DIES KE-49 UNY

Dalam rangka dies natalis UNY ke-49, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY dan KSR PMI UNY bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan “Aksi Donor Darah” yang berlangsung selama 2 hari, Selasa–Rabu, 9—10 April 2013. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A., didampingi oleh Ketua LPPM, Prof. Dr. Anik Ghufron. Acara ini dihadiri oleh para pejabat,  dosen, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat di sekitar lingkungan UNY.

Dalam sambutannya, Rektor UNY menyampaikan pesan agar kegiatan aksi donor darah ini rutin dilaksanakan karena setetes darah yang didonorkan sangat bermanfaat bagi kehidupan orang lain. “Kegiatan seperti ini sangat mulia. Jika dikerjakan dengan ihklas, akan bernilai ibadah bagi panitia penyelenggara ataupun sang pendonor. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud bakti sosial dan kepedulian UNY dalam bidang kesehatan dan kemanusiaan, sebab sebaik-baik manusia adalah yang berguna atau bermanfaat bagi orang lain,” imbuhnya.

Pada hari pertama peserta donor darah (pendonor) banyak berasal dari kalangan dosen, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat di lingkungan UNY. Kegiatan donor darah ini dilakukan di empat ruang donor, 2 di dalam ruang gedung LPPM sedangkan 2 lagi di dalam mobil PMI. Rektor UNY berkesempatan menjadi pendonor pertama setelah lolos dari pemeriksaan kesehatan petugas PMI, kemudian diikuti pejabat-pejabat UNY.

Menurut ketua panitia, Yuliati, M.Kes., kegiatan ini menargetkan 150 kantong darah. Namun jika dilihat dari pengalaman tahun lalu, panitia hanya mendapatkan data pendaftar 273 orang dan hanya bisa mendapatkan sebanyak 127 kantong darah. Banyak pendonor yang tidak lolos atau kurang layak untuk didonorkan darahnya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, terutama tekanan darah dan Hb yang rendah. Sampai dengan hari terakhir Aksi Donor Darah ini berhasil mendapatkan data pendaftar donor 346 orang dan dari jumlah tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 169 kantong darah, hasil ini berhasil melampaui target panitia.

 

Tags: