HARYONO SUYONO RESMIKAN PUSAT SARAPAN PAGI BINAAN KKN UNY

haryono suyono resmikan pusat sarapan pagi

Sarapan pagi merupakan hal penting sebelum melakukan aktivitas harian karena banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Tubuh kita membutuhkan bermacam asupan gizi dan nutrisi agar metabolisme tubuh terjaga dengan baik, terkadang kita tidak sempat sarapan pagi karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan berangkat pagi.Hal tersebut menjadi pemikiran mahasiswa KKN UNY di lokasi RW 11 Terban untuk memberdayakan potensi dari masyarakat dengan membentuk Pusat Sarapan Pagi karena mengingat wilayah Terban banyak sekali warga pendatang yang mayoritas sebagai pekerja.

Rabu pagi, (29/10/2014) Ketua Yayasan Damandiri Prof. Dr. Haryono Suyono meresmikan PSP (Pusat Sarapan Pagi) di RW 11 Terban yang dihadiri oleh rombongan Yayasan Damandiri, Perwakilan Perguruan Tinggi DIY anggota Posdaya dan Pemerintah Kecamatan Gondokusuman. PSP yang menjadi program KKN UNY Kelompok 207 mendapat dukungan penuh dari warga masyarakat RW 11 Terban dan pemerintah setempat. Haryono Suyono sangat mengapresiasi program gagasan KKN UNY ini karena bisa membentuk Posdaya Purbadaya dan menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat di lingkungan perkotaan.

“Gagasan membentuk PSP di wilayah Terban ini sangat bagus sekali, penjual sarapan tidak bingung lagi cari tempat untuk jualan dan memudahkan pembeli memilih menu sarapan sesuai keinginannya”, ujarnya.

Haryono Suyono menambahkan bahwa PSP ini berhasil menggerakkan roda perekonomian warga, penjual tidak lagi membeli bahan sayuran ke pasar namun bisa membeli dari warganya sendiri yang mempunyai kebun bergizi.

Camat Gondokusuman Jalaludin, M.Si, mengatakan “PSP menjadi solusi bagi karyawan, warga dan anak sekolah yang tidak sempat sarapan di rumah”, ungkapnya.

Jalaludin menambahkan hampir semua program kemasyarakatan di wilayah RW 11 Terban berjalan dengan baik sehingga RW 11 Terban mendapat julukan Kampung Hijau, Kampung Ramah Anak dan menjadi model kampung yang layak ditinggali.

Dengan terbentuknya Posdaya Purbadaya diharapkan semakin bisa menggali potensi masyarakat dari segala aspek, termasuk potensi ekonomi kerakyatan. Posdaya Purbadaya dibentuk oleh mahasiswa KKN UNY Semester Khusus 2014 pada bulan September kemarin diresmikan oleh Prof. Dr. Haryono Suyono. Program yang telah berjalan dan yang belum terlaksana kini dilanjutkan oleh mahasiswa KKN UNY Semester Gasal 2014. (ags)

Tags: