MEETING EDITORS AND REVIEWERS ECPECTATIONS

mcc lppm

Reviewer dan Editor suatu jurnal mempunyai peran penting dalam mengawal kualitas jurnal. Reviewer wajib memiliki keahlian spesifik keilmuan yang diharapkan dapat memberikan masukan dan penilaian draft artikel. Editor mengandalkan penilaian Reviewer untuk memastikan bahwa artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal merupakan penelitian berkualitas tinggi untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Karena urgensinya, maka seminar daring yang diselenggarakan Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta (PPBI LPPM UNY) mengambil topik “Publishing in Reputable Jurnals : Meeting Editors and Reviewers Ecpectations” dengan pembicara Dr. George Jacobs, Consultant Nanyang Technological University (NTU) Singapore/ Center for Responsible Future sebagai rangkaian kegiatan Manuscript Coaching Clinic (MCC).

Penyelenggaraan MCC kali ini merupakan kegiatan paralel antara Manuscript Coaching Clinic Khusus Batch 2 (MCC Khusus Batch 2) dan Manuscript Coaching Clinic Batch 4 (MCC Batch 4). MCC Camp khusus batch 2 memfasilitasi penulisan artikel dari hasil hibah penelitian Kerjasama Luar Negeri (KLN) dan hibah doktor, dan diikuti oleh 25 penulis. MCC umum Batch 4 melibatkan 13 peserta yang didampingi oleh 12 Reviewer. Kegiatan kedua MCC Camp berlangsung di LPPM UNY dari Senin, 07 September 2020 sampai dengan 10 September 2020.

Dalam Pembukaannya, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., sebagai Ketua LPPM UNY mengungkapkan, bahwa kegiatan MCC merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas publikasi ilmiah secara berkelanjutan di UNY. “MCC khusus kali ini sebagai fasilitasi PPBI LPPM terhadap para peneliti yang mempunyai luaran publikasi ilmiah internasional”, tegas Prof Dr. Siswantoyo, M.Kes. MCC sebagai upaya menuju pembiasaan dan pembudayaan publikasi ilmiah di UNY, dalam rangka penguatan ouput UNY. Harapannya, produktivitas dan kualitas output akan mempunyai outcome yang dapat memberi manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, membantu masyarakat dan mengakselerasi dunia usaha. (hty/ags)

Tags: