INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF DI SEKOLAH DASAR (Seminar Pusat Pengembangan Kreativitas dan Olahraga LPPM UNY)

Isi pendidikan karakter  harus komprehensif, metode  pendidikan karakter juga harus komprehensif, pendidikan karakter hendakya terjadi dalam konteks: keseluruhan proses pendidikan di kelas dan dalam semua aspek kehidupan serta  pendidikan karakter hendaknya terjadi melalui kehidupan dalam masyarakat, demikian disampaikan Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed.D dalam Seminar Pusat Pengembangan Kreativitas dan Olahraga LPPM UNY dengan tema “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Melalui Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 15 September 2012 di Ruag Sidang LPPM UNY yang dihadiri oleh Guru-guru Penjas, Guru kelas SD se Kota Yogyakarta, dosen PGSD Penjas FIK UNY dan dosen PGSD FIP UNY serta tamu undagan. Seminar PPKO LPPM UNY diselenggarakan untuk memberikan wawasan terutama bagi guru-guru SD dan dosen-dosen tentang pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran baik pembelajaran dikelas maupun dalam perkuliahan  demikian disampaikan  Soni Nopemberi selaku ketua panitia dalam laporannya. Pembinaan karakter melalui pembelajaran dengan metode komprehensif meliputi : penanaman nilai dan pengetahuan bidang studi (Inkulkasi); menjadi model dalam berbicara dan berperilaku (keteladanan); pemberian kesempatan berlatih membuat keputusan moral (fasilitasi); pengembangan keterampilan hidup (soft skills)  lebih lanjut disampaikan Darmiyati Zuchdi. Beliau juga menyimpulkan bahwa pengintegrasian pendidikan karakter dalam perkuliahan berbagai bidang studi atau pengembangan kultur unit kerja di UNY dapat meningkatkan penguasaan bidang studi dan komitmen dan/atau aktualisasi nilai-nilai target atau kualitas unit kerja (berdasarkan penelitian Darmiyati Zuchdi, dkk., 2010).

Seminar juga menghadirkan nara sumber Dr. Sri Winarni (dosen FIK UNY dan menjabat  sekretaris Pusat Pendidikan Karakter dan Pengembangan Kultur  LPPMP UNY). Beliau menyampaikan tentang Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran : Pembelajaran Penjasorkes SD. Lebih lanjut disampaikan bahwa strategi pembelajaran karakter yang efektif meliputi tiga tahapan yakni identifikasi nilai, pembelajaran nilai dan memberikan kesempatan untuk menerapkan nilai tersebut.

Pada Session akhir dilaksanakan diskusi tentang penerapan dan pengintegrasian  pendidikan karakter dalam pembelajaran dengan diselingi berbagai permaianan yang dapat diterapkan untuk pembelajaran di sekolah. Peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan seminar dan workshop yang berlangsung sampai sore.

Tags: