You are here
Pentingnya Resiliensi untuk Membangun Sekolah Berkualitas di Sekolah Indonesia Luar Negeri
![](https://drpm.uny.ac.id/sites/drpm.uny.ac.id/files/styles/large/public/field/image/WhatsApp%20Image%202024-08-28%20at%2008.48.06.jpeg?itok=GP7iZBFK)
Pentingnya Resiliensi untuk Membangun Sekolah Berkualitas di Sekolah Indonesia Luar Negeri
Kinabalu, Juni 2024 – Resiliensi menjadi salah satu aspek penting dalam membangun sekolah berkualitas. Resiliensi merupakan kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan berbagai situasi. Penguatan resiliensi guru sangat penting dilakukan untuk menghadapi tantangan dan perubahan di era revolusi industri 4.0. Strategi dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan membutuhkan penguatan resiliensi untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas. Informasi dan pendampingan yang efektif penting dilakukan untuk mewujudkan sekolah berkualitas. Penguatan resiliensi dilaksanakan pada bulan Juni 2024 di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu bagi guru dan siswa. Pelatihan dilakukan dalam rangka pelaksanaan Program PKM Kerja Sama Internasional yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta. Penguatan resiliensi siswa dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2024 dengan penguatan aspek-aspek resiliensi, penguatan kunci sukses dalam hidup, positif feedback dari teman seperjuangan, dan refleksi hal-hal yang telah dialami di masa lalu. Sedangkan penguatan resiliensi untuk guru dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2024 dengan penguatan aspek resiliensi yaitu regulasi emosi, kontrol impuls, optimisme, empati, analisis kausal, efikasi diri, dan reaching out. Dalam kegiatan untuk guru, penguatan resiliensi dilakukan dengan metode sungai kehidupan yang mengulas kilas balik dan refleksi kejadian yang telah dilalui oleh para guru, perjuangan dalam hidup, dan hal-hal menyenangkan yang telah dilalui oleh para guru, di akhir sesi, penguatan dilakukan oleh ketua pengabdi, Prof. Dr. Siti Irene Astuti Dwiningrum, M.Si., yaitu poin-poin resiliensi dan hikmah dari kegiatan refleksi. Kegiatan penguatan resiliensi tidak hanya dilakukan pada guru dan siswa di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu yang formal, melainkan juga dilaksanakan di Community Learning Center (CLC) di Wilayah Sabah. Sekolah ini merupakan binaan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu yang diprioritaskan untuk anak-anak Indoensia yang lahir dan besar di Sabah dan Sarawak Malaysia. Harapannya, dapat memenuhi hak-hak anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan dapat mebjadi jembatan untuk meraih mimpi besar dan Kembali ke Indonesia melalui jalur pendidikan. Berbagai realitas pendidikan ditemukan dalam pelatihan dan pendampingan ini, betapa besar perjuangan para siswa di Sekolah Indonesia Luar Negeri khususnya di Kota Kinabalu dan Community Learning Center untuk mendapatkan haknya memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas sehingga pendampingan ini dapat menjadikan makna tersendiri bagi para peserta.
Link Terkait
Kontak Kami
Gedung Sekolah Pascasarjana Lt.5
Karang Malang, Yogyakarta, Indonesia, Kode Pos :55281
Email : lppm@uny.ac.id
Copyright © 2025,