Pusat Budaya, Lingkungan dan Mitigasi LPPM UNY Adakan Pelatihan "Gne-mon Ecoprint" di Science Techno Park (STP) Piyungan, Kabupaten Bantul

Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul telah ditetapkan sebagai Desa Mandiri Budaya (DMB). Salah satu bentuk dukungan terhadap program DMB adalah aktualisasi dan pengembangan kekayaan potensi budaya. Karya ecoprint dengan desain khas berbasis pada lokalitas, dalam hal ini sumberdaya hayati lokal, dapat dikembangkan di Kalurahan Sitimulyo. Kalurahan Sitimulyo mempunyai potensi sumberdaya hayati lokal berupa pohon melinjo (Gnetum gnemon). Pohon ini banyak tumbuh di kawasan kalurahan ini, dan industri rumahan emping melinjo menjadi komoditas andalan daerah ini. Oleh karena itu, motif dan warna alami dari daun dan buah melinjo serta gambar emping melinjo dapat menjadi desain motif khas penciri Kalurahan Sitimulyo yang dapat dikembangkan. Dengan latar belakang itulah maka Pusat Budaya, Lingkungan dan Mitigasi LPPM UNY yang saat ini diketuai oleh Dr. Tien Aminatun, M.Si. dengan sekretaris Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd., mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan memberikan pelatihan teknik ecoprint dengan desain motif khas Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul. Sasaran pelatihan adalah ibu-ibu rumah tangga yang aktif sebagai pendukung DMB. Secara khusus dihadirkan Dr. Kun Sri Budiasih, M.Si sebagai pemateri sekaligus memandu praktek membuat kain ecoprint. Desain motif khas ecoprint Kalurahan Sitimulyo tersebut nantinya akan didaftarkan hak ciptanya dengan nama "Gne-mon Ecoprint".

Kegiatan dilakukan selama dua hari, yaitu Sabtu tanggal 23 April 2022 dan Minggu, 24 April 2022, bertempat di joglo Science Techno Park (STP) Piyungan. Hal ini karena UNY sedang mengembangkan Science Techno Park (STP) di Pager Gunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, oleh karena itulah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dipusatkan di Joglo STP. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta, yang terbagi selama dua hari sehingga per hari ada 20 peserta. Kegiatan pelatihan pada hari pertama dibuka oleh Ketua LPPM UNY, Prof Dr. Samsul Hadi, M.Pd dengan sambutan dari Carik Kalurahan Sitimulyo, sedangkan pada hari ke-2 dibuka dan ditutup oleh seketeratis LPPM UNY, Prof. Dr. Siti Irine. Hasil pelatihan itu nantinya akan didisplay di acara Bakti Sosial dalam rangka Dies UNY ke-58 tanggal 18 Mei 2022 nanti, yang rencananya akan dihadiri oleh pejabat Pemda Bantul dan UNY. (tien)

Tags: