DAMANDIRI AWARD UNTUK UNY

Damandiri Award untuk UNY

Universitas Negeri Yogyakarta kembali mendapat penganugerahan Damandiri Award dari Yayasan Dana Sejahtera Mandiri Jakarta. Penyerahan pernghargaan dilakukan di Graha Sabha Pramana UGM, Kamis, 16 Januari 2014. Secara kelembagaan, UNY dinilai memiliki kepedulian, komitmen, inisiasi, inovasi, dalam pemberdayaan keluarga dan masyarakat melalui Posdaya. Secara spesifik, UNY dinilai berhasil dalam memberdayakan masyarakat melalui kegiatan  KKN tematik Posdaya.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Damandiri, Prof. Dr. Haryono Suyono mengatakan bahwa Yayasan Damandiri mendukung upaya peningkatan pemberdayaan keluarga guna menyukseskan program pembangunan yang berkeadilan. “Gerakan pemberdayaan ini diberi nama Posdaya atau Pos Pemberdayaan Keluarga yang berfokus pada lima prioritas” kata Prof. Dr. Haryono Suyono.

Prioritas pertama yaitu pemberdayaan keluarga pra-sejahtera di pedesaan dan perkotaan melalui pembentukan dan penguatan fungsi posdaya. Prioritas kedua peningkatan dukungan komitmen dan fasilitas jajaran pemerintah pusat dan daerah utamanya pada lini lapangan. Prioritas ketiga dukungan posdaya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi utamanya melalui KKN tematik posdaya. Prioritas keempat peningkatan dukungan lembaga keuangan dalam rangka peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah. Prioritas kelima peningkatan dukungan organisasi kemasyarakatan melalui kerjasama dengan PWRI, HIPPRADA, BNIKS, dan ormas lainnya.

Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Dr. Suratman mengemukakan bahwa kerjasama PTN dengan Damandiri sangat erat dan dibuktikan pada KKN Posdaya yang mencakup empat bidang yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan. “Dengan posdaya kita wujudkan bangun desa dan bangun negara” kata Prof. Dr. Suratman. “Ajak Ketua LPPM dan dengan dukungan Rektor, kita cerdaskan bangsa dan hapus kemiskinan.”

Dalam acara ini hadir perwakilan Posdaya dari seluruh nusantara. Damandiri Award UNY diterima Kepala LPPM Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. Selain itu juga dianugerahkan Damandiri Award untuk 18 Posdaya terbaik dari seluruh Indonesia. (dedy)

Tags: