Manuscript Coaching Clinic Camp UNY

mcc

“Tujuan kegiatan Manuscript Coaching Clinic Camp (MCC Camp) ini adalah untuk meningkatkan jumlah artikel terindeks Scopus dan meningkatkan budaya menulis Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan MCC Camp yang berlangsung dari tanggal 21-22 September 2021di Hotel Grand Ambarrrukma diikuti secara oleh 29 penulis dan 21 Reviewer selama 2 hari dalam upaya mendorong dosen UNY meraih Lektor Kepala dan Guru Besar. MMC Camp ini adalah tahap akhir dari proses individual coaching clinic yang dilakukan melalui daring, sehingga artikel yang difinalisasi di MCC Camp sudah melalui proses yang berkelanjutan”, demikian kata Anita Triastuti, Ph.D selaku Ketua Panitia dan Sekretaris Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) UNY.

Prof. Dr. Siti Irene Astuti D. sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dalam sambutannya menegaskan bahwa, kegiatan MCC Camp merupakan kegiatan yang sangat berguna, karena menjadi sub terminal dari proses publikasi, diharapkan MCC Camp dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi di UNY. Terima kasih, kepada Reviewer, yang telah bersedia membantu peserta, bahkan ada yang satu Reviewer bersedia mendampingi lebih dari satu peserta. Kalau satu dosen dapat menyelesaikan sekali publikasi yang terindeks SCOPUS atau WoS tiap tahunnya, sudah berkontribusi positif pada UNY.

“Publikasi merupakan eksistensi, marwah dari perguruan tinggi, publikasi tidak hanya untuk pemeringkatan perguruan tinggi, karena publikasi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tanggung jawab seorang dosen sesuai tri darma perguruan tinggi, selain mengajar dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang salah satu luarannya adalah publikasi. Apalagi jika dikaitkan dengan point dari dosen, bahwa untuk mencapai gelar tertinggi akademik diperlukan publikasi yang terindeks SCOPUS dan WoS. Saya berharap dosen yang sudah aktif melakukan publikasi dapat menjadi virus yang positif dalam menularkan publikasi kepada yang lain. Sinergi dengan perguruan tinggi lain untuk melakukan publikasi terindeks SCOPUS, sehingga MCC Camp ini dapat memberikan fasilitasi utk proses publikasi. Minimal submit artikel di jurnal, membantu institusi dengan memberikan kontribusi yang optimal dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Dengan kepangkatan yang tinggi, UNY bisa membuka prodi-prodi baru.” demikan arahan dan pembukaan Prof Dr. Margana, M. Hum, M.A yang menjabat Wakil Rektor UNY Bidang Akademik.

Peserta MCC Camp ini merupakan penulis pilihan setelah melalui tahapan konsultasi secara individual. Terima kasih yang tidak terhingga disampaikan kepada Para Reviewer yang luar biasa, dengan setia mendampingi dan membimbing peserta dalam menyelesaikan artikel. Kesabaran dari Reviewer telah menjadi teladan dan motivasi bagi peserta, peserta mempunyai semangat yang tinggi dalam upaya mencapai target artikel yang submit di jurnal internasional. Terbukti dari 29 peserta yang mengikui MCC Camp ini, 16 peserta sudah melakukan submit, 4 peserta dalam proses penyelesasian untuk submit, 7 naskah dalam proses penerjemahan. Tentunya komunikasi yang baik penulis dengan Reviewer masing-masing perlu dilakukan agar artikel bisa publish di jurnal internasional”, begitu penutupan acara MCC Camp oleh Prof. Dr. Heri Retnawati selaku Ketua PPBI UNY. (Har)

Tags: