Pameran Indonesia Research and Innovation (InaRI Expo 2022) Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis, dan Hak Kekayaan Intelektual LPPM UNY

inari

Bogor, 27-30 Oktober 2022, Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis, dan kekayaan intelektual, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY) yang diketuai oleh Prof. Dr. Nahiyah Jaidi, M.Pd mengikuti pameran Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2022 di Innovation Convention Center (ICC) Building, Cibinong Science Center, Bogor, Jawa Barat. Pameran ini diusung oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengusung tema “Digital, Blue, and Green Economy: Research and Innovation for Food and Energy Sovereignty”.

Pameran kali ini menampilkan karya-karya inovasi mahasiswa yang telah di bimbing oleh Pusat Inovasi, Inkubartor Bisnis dan HKI LPPM UNY, seperti Astrobike yang memproduksi sepeda listrik, SPD Spidometer yang memproduksi Custom spidometer dan servis spidometer segala jenis mobil dan motor, Indobot Robotic yaitu memproduksi robot untuk edukasi, Wapkan, Nano Pastadent, Pembelajaran melalui VR, dan Nevair. Dalam pameran ini pengunjung sangat tertarik dengan invovasi Astrobike, banyak para pengunjung menanyakan produk ini dari spesifikasi produk, Teknik mekanisme kerja sepeda listrik dan harga yang dibandrol.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, membuka secara resmi pameran ini, beliau mengatakan "InaRI Expo 2022 kali ini mengusung tema Digital, Blue, and Green Economy : Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi. Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia." dan ke depan BRIN akan semakin mengintegrasikan berbagai aktivitas terkait publik dan diseminasi untuk riset dan inovasi dalam InaRI Expo yang lebih besar pada tahun-tahun berikutnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberikan sambutannya secara virtual, Ia menyambut baik adanya gelaran InaRI Expo 2022 kali ini, baginya riset dan inovasi mempunyai peran penting dalam menentukan program kegiatan kementeriannya. “Peran riset dan inovasi sangat membantu Kemenparekraf dalam menentukan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Kajian terkait pola perjalanan, kesiapan SDM pemulihan pariwisata dan pengembangan pariwisata berkualitas merupakan bukti nyata bagaimana peran sebuah riset dan inovasi dapat membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menyikapi pandemi,” tambah Sandiaga.

Dengan mengikuti event ini, UNY berharap dapat dikenal dimasyarakat luas tentang inovasi-inovasi yang telah di lakukan oleh UNY dan dapat ikut serta dalam pengembangan riset dan inovasi yang tepat guna dan bisa langsung diaplikasikan ke masyarakat.

Tags: