DRPM UNY MENJADI HOST MONITORING DAN EVALUASI TENGAH TAHUN PROGRAM MATCHING FUND TAHUN 2023

Universitas Negeri Yogyakarta dikoordinasikan melalui Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) UNY dipercaya untuk menjadi tuan rumah (host) kegiatan monitoring dan evaluasi tengah tahun Program Matching Fund tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbudristek. Kegiatan Monev dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 13 s.d. 14 September di DRPM UNY (Gedung Imam Barnadib Sekolah Pascasarjana Lt.5). Perserta Monev terdiri dari Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 6 judul, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 1 judul,  Universitas Ahmad Dahlan 2 judul, Universitas Islam Indonesia 5 judul, Institut Seni Indonesia 1 judul, Universitas PGRI Yogyakarta 1 judul, Universitas Respati 1 judul, Institut  Sains dan Teknologi Akprind 1 judul dan diikuti oleh kurang lebih 70 orang peserta dan 36 mitra  yang terlibat dalam  18 judul Program Matching Fund 2023.

Bapak Dr. Didi Rustam, S.Si., M.T.I selaku kepala bagian tata usaha setditjen diktiristek dan sbg PPK matching fund 2023 dalam sambutannya melalui daring menyampaikan bahwa “Alhamdulillah kita dapat melaksanakan Monitoring dan Evaluasi secara daring dan luring untuk program Maching Fund. Dalam pelaksanaan Monev Matching Fund akan dibagi 2 aspek yakni monev substansi dan monev keuangan. Perlu Bapak dan Ibu pahami bahwa kegiatan monev ini bukanlah audit, namun untuk  melihat kontribusi program Matching Fund dari Bapak dan Ibu. Matching Fund ada keterbatasan waktu dan dalam sisa waktu ini ketercapaian harus sudah disampaikan dalam laporan pada bulan Desember nanti. Jika uang yang diberikan tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan sesuai program dan ketercapaiannya, lebih baik dana yang didapatkan dikembalikan saja. Acara sekaligus dibuka oleh beliau dengan  dengan membaca Basmallah”.

Direktur DRPM UNY, Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T mengucapkan “puji syukur kita dapat bertemu dalam kegiatan monev program Matching Fund . Terdapat 18 judul yang akan dimonev dalam 2 hari ini, hari pertama 10 judul dan hari kedua 8 judul, harapannya dalam waktu hanya 2 hari ini dapat terlaksana  dengan baik, lancar dan sukses. DRPM UNY sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menyiapkan kegiatan ini dan melayani Bapak dan Ibu sebaik mungkin.”

Bapak Setyawan Sakti selaku reviewer beliau berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan gambaran pelaksanaan monev untuk memenuhi target luarannya. Penjelasan teknis teknis pelaksanaan monev dan pembagian kelompok monev disampaikan oleh Bapak Satya selaku koordiantor monev dari Tim Ditjendiktiristek. Tim Reviewer yang ditugaskan oleh Ditjenddikti Kemdikbudritek sebanyak 8 orang reviewer substansi dan 2 orang reviewer keuangan dan didampingi oleh panitia dari Setditjen diktiristek dan kedaireka.

Acara dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi oleh masing masing reviewer yang di break out di 4 ruang untuk review substansi dan 2 kelompok untuk review keuangan. (Cerry/Tutik)

Tags: