Kegiatan Bakti Sosial dalam Rangka Dies Natalis UNY ke-60 di Kalurahan Pengasih, Kulon Progo

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka Dies Natalis ke-60 UNY sekaligus mencanangkan kampung emas yang dilaksanakan pada hari Minggu, 05 Mei 2024 dan bertempat di Kalurahan Pengasih, Pengasih, Kulon Progo. Registrasi peserta dilaksanakan pada pukul 07.00-07.30 WIB dan diiringi dengan gelar potensi budaya lokal karawitan Terbah.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. dalam sambutannya mengungkapkan, “Kehadiran dirinya bersama jajaran pimpinan UNY sebagai langkah awal dari program kampung emas yang akan diselenggarakan selama satu tahun di padukuhan Terbah dan Serut, Kalurahan Pengasih. Kampung emas sendiri memiliki makna yaitu elok, maju, agamis, dan sejahtera. Dengan adanya kampung emas ini, harapannya dapat meningkatkan sumber daya manusia bagi warga Pengasih”.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Prof. Dr. Yudik Prasetyo, S.Or., M.Kes. selaku Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta dan Drs. Jazil Ambar Was’an selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Dalam kegiatan ini juga diserahkan berbagai paket seperti paket sembako, paket pendidikan, dan makanan tambahan anak stunting; pemeriksaan kesehatan; bazar UMKM dan barang saerah (sae lan murah); dan pentas band UKMF seni fakultas vokasi.

Pada akhir kegiatan, peserta jalan sehat sangat antusias menunggu undian dan pembagian door prize. Hadiah door prize ini sangat beranekaragam seperti sepeda, mesin cuci, kipas angin, menthok, magic com, televisi, dan penutup door prize sebagai hadiah utama berupa kulkas. (Puspa-Fajar).