PELEPASAN KKN UNY

pelepasan kkn

Dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa akan mendapatkan sesuatu yang tidak diajarkan di kampus. Disana mahasiswa belajar berinteraksi, berbicara serta meyakinkan masyarakat. Ini adalah modal better future.Demikian dikatakan Dirjen Belmawa KemristekdiktiProf.Intan Ahmad, Ph.D dalam upacara pelepasan KKN Universitas Negeri Yogyakarta yang berlangsung di GOR UNY, Selasa 11 Juli 2017.“KKN meningkatkan mutu hidup manusia melalui pendidikan dan pelatihan untuk mendapat karakter baik” kata Intan Ahmad. Secara khusus Intan berpesan pada mahasiswa agar memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara, mampu berpikir kritis, problem solvers serta menjadi dapat warga negara yang mempunyai empati , toleran, moral dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat. Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd mengatakan bahwa KKN merupakan salah satu kegiatan ko-kurikuler yang pada tahun ini merupakan perpaduan antara KKN reguler, kebangsaan, revolusi mental dan KKN di daerah 3T (Terdepan Terluar dan Tertinggal). “KKN tidak lepas dari kegiatan sosial kemasyarakatan” kata Sutrisna Wibawa “Hal ini juga perlu kerjasama dan persatuan sehingga harus menjaga toleransi serta saling menghargai”. Mahasiswa harus belajar bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sekaligus mengamalkan ilmu dan iptek yang dimiliki di masyarakat.

Menurut Ketua LPPM UNY Dr Suyanta, kegiatan KKN akan berlangsung sejak 11 Juli hingga 9 September dan dibagi dalam 2 gelombang. ”Gelombang pertama antara 11 Juli hingga 10 Agustus sedangkan gelombang kedua antara 10 Agustus hingga 9 September” kata Dr. Suyanta. KKN semester khusustahun ajaran 2016/2017 ini diikuti oleh 3.671 mahasiswa. Lokasinya tersebar di 12 kabupaten yaitu Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Klaten, Purworejo, Magelang, Wonogiri, Blora, Temanggung, Bengkayang dan Gorontalo. Bengkayang dan Gorontalo merupakan lokasi KKN 3T dan KKN Kebangsaan.Jumlah mahasiswa yang diberangkatkan meliputi Fakultas Ilmu Keolahragaan 360 orang, Fakultas MIPA 506 orang, Fakultas Teknik 766 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 754 orang, Fakultas Ilmu Sosial 589 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan 524 orang, dan Fakultas Ekonomi 342 orang.

Pelepasan KKN ditandai dengan penyerahan secara simbolis perangkat KKN berupa kaos oleh Dirjen Belmawa Kemristekdikti pada Thifli Habibi Nur Salim Nava prodi pendidikan IPA dan Dewi Mariyati prodi pendidikan administrasi perkantoran dari KKN Reguler, Oni Nur Rasjiatmi prodi pendidikan biologi dan Annisa Siti Nurhayati prodi pendidikan IPS dari KKN Kebangsaan, Maulana Andika prodi akuntansi dan Henrika Anindita Ayu Diandra prodi pendidikan seni rupa dari KKN Revolusi Mental serta Tatap Pamuji prodi pendidikan IPA dan Dian Rizka Silvia prodi pendidikan Bahasa Inggris dari KKN 3T. Setelah itu Intan Ahmad juga berkenan melepas mahasiswa KKN di Temanggung dan Wonogiri yang berangkat menggunakan bus UNY dengan mengibaskan bendera start. (Dedy)

Tags: