DRPM AWARD 2023 FMIPA Rebut Piala Bergilir Juara Umum DRPM Award Tahun 2023

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menjadi juara umum pada ajang DRPM Award 2023 yang digelar oleh DRPM UNY pada hari Selasa, 16 Mei 2023 di Hotel UNY. Dalam kegiatan penghargaan bagi Dosen UNY ini terdapat 5 nomor kategori yaitu penghargaan untuk individu: peraih publikasi scopus terbaik dan peraih sinta score 3 years terbaik. Serta kategori penghargaan untuk institusi/fakultas: peraih hibah penelitian terbanyak, peraih hibah pengabdian kepada masyarakat, dan peraih perolehan hak kekayaan intelektual.

            Bersaing dengan seluruh institusi/fakultas yang ada di lingkungan UNY, dengan akumulasi penilaian FMIPA berhasil merebut piala bergilir Juara Umum yang diberikan oleh Direktur DRTPM Kemdikbudristek Prof. Dr.Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr untuk memberikan penghargaan sekaligus piala bergilir DRPM Award 2023. Peringkat ke 2 diraih Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi dan peringkat ke 3 diraih Fakultas Teknik.

            Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T selaku Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkah sehat kita semua bisa bergabung dalam acara DRPM Award 2023.  Selamat datang kepada bapak dan ibu semua dalam penganugerahan DRPM Award 2023. Acara penganugrahan ini, menjadi kegiatan yang sudah berlangsung 3 tahun terakhir ini, UNY mendapat prestasi yang cukup karena tahun 2021 peringkat 2 dan kemudian tahun 2022 peringkat 2 tetapi insentifnya menjadi peringkat 1. Tugas DRPM UNY dalam memaksimalkan kinerja dosen dan mengapresiasi, maka kami mengadakan kegiatan ini dengan bentuk mini seminar, dengan mengundang 121 pimpinan UNY, dosen dan panitia. Kami berharap bisa berjalan dengan baik, tentunya dengan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr.Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr. Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman panitia yang telah bekerja keras disela kegiatan Dies Natalis UNY ke 59 tahun dan juga ploting penelitian, tapi alhamdulillah kita bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan berusaha sebaik mungkin. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi bapak dan ibu semua dan tentunya UNY.

            Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. AIFO memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. InsyaAllah secara bertahap, kami mengapresiasi kinerja Penelitian dan PkM. Buktinya sebagian besar dana yang ada di UNY kami cukupkan untuk Penelitian dan PkM dan tahun ini kami tambah untuk penulisan buku. Semua fakultas kami fasilitasi untuk Penelitian dan PkM. Minimal dengan hasil penelitian dari bapak dan ibu, akan kami optimalkan sesuai dengan kepentingannya. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, penghargaan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyakarat Universitas Negeri Yogyakarta, kami buka”.

            Kegiatan dilanjutkan dengan penerimaan penghargaan untuk kategori peraih scopus tertinggi tingkat Universitas yang dimenangkan oleh Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd (FMIPA) dengan total score 20,07, peringkat ke-2 Prof. Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or (FIKK) dengan total score 14,98, peringkat ke-3 Dr. Herwin, M.Pd (FIPP) dengan total score 14,72, peringkat ke-4 Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes (FIKK) dengan total score 14,60, peringkat ke-5 Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes AIFO (FIKK) dengan total score 12,98 dan peringkat ke-6 oleh Prof. Dr. Tomoliyus, M.S dengan total score 11,46.

            Selanjutnya masuk pada acara seminar untuk memotivasi civitas akademika UNY meraih prestasi terbaik dalam penelitian dan PkM serta menghasilkan luaran yang berkualitas dalam seminar bertema Peningkatan Mutu Penelitian dan PkM melalui Pemenuhan Luaran yang Berkualitas dengan Narasumber Direktur DRTPM Kemdikbudristek Prof. Dr.Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr. Berlaku sebagai moderator, Retna Hidayah, MT., Ph.D. selaku Sekretaris Komisi Etik Penelitian DRPM UNY. Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan pemberian penghargaan kepada peraih kategori lainnya.