WORKSHOP PEMBEKALAN DPL KKN 2013

Tujuan dilaksanakan workshop ini untuk menyamakan persepsi calon DPL KKN 2013, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan KKN-PPL kelak dapat berjalan lancar.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY Prof. Dr. Anik Ghufron, Selasa (5/2) di R. Sidang Gedung LPPM Lantai 2 yang dihadiri oleh 150 dosen calon DPL.

Dalam kegiatan ini diisi oleh 3 pemateri yaitu Prof. Dr. Anik Ghufron tentang Kebijakan KKN LPPM UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman tentang Standar ISO KKN LPPM UNY, dan yang terakhir oleh Ketua KKN Triatmanto, M.Si. tentang Strategi Penyelenggaraan KKN bersama PPL 2013.

Pelaksanaan KKN-PPL UNY telah berjalan sejak tahun 2002. Hingga saat ini telah lebih dari 10 tahun dilaksanakan. Dari pengalaman pelaksanaan KKN-PPL ditemui beberapa kesulitan dan keunggulan, sehingga perlu dilakukan evaluasi dan pembenahan kelemahan, namun mempertahankan keunggulannya, demikian kata Triatmanto.

Kata Anik Ghufron, KKN sengaja dirancang sebagai salah satu wujud pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan, dll. 

Workshop diakhiri dengan diskusi oleh para Calon DPL KKN yang dibagi beberapa kelompok dengan dipandu oleh tim KKN untuk mendiskusikan perencanaan matrik program kerja yang memenuhi 3 sks mata kuliah KKN yaitu minimal 256 jam, catatan harian bagi mahasiswa, dan strategi pembimbingan oleh DPL kepada mahasiswa serta diberikan contoh form-form untuk memberikan pembekalan atau tutorial kepada mahasiswa yang dibimbingnya.

Tags: